Search

Songsong Meriahkan Hari Lahir NU ke 96, Berikut Agenda PC GP Ansor Lampung Timur

LAMPUNG TIMUR – Jajaran keluarga besar Pimpinan Cabang (PC) Gerakan Pemuda Ansor (GP Ansor) Kabupaten Lampung Timur, Provinsi Lampung siap mensukseskan dengan menggelar berbagai kegiatan dalam rangka songsong memperingati Hari Lahir (Harlah) Nahdlatul Ulama yang ke 96 dalam hitungan masehi yang jatuh pada tanggal 31 Januari 2022 yang akan datang.

Hal tersebut disampaikan Ketua PC GP Ansor Kabupaten Lampung Timur, Provinsi Lampung, H. M. Muslih, disela-sela memimpin rapat pleno PC GP Ansor Kabupaten Lampung Timur yang dilaksanakan di Rumah Makan Ayam Desa Kecamatan Way Jepara, Selasa (18/1/2022) malam.

“Sebagai bagian dari kader muda NU Kabupaten Lampung Timur, kami seluruh kader GP Ansor Kabupaten Lampung Timur akan selalu menjaga nilai-nilai kearifan dan keluhuran agama Islam Aswaja an Nahdliyyah yang washatiyah ini, dengan berbagai cara yang diantaranya adalah menjaga dan merawat sejarah,” tambahnya.

“Dimana kita ketahui bersama bahwa NU lahir setidaknya karena dua hal yakni, kesediaan menjaga, melestarikan dan mengamalkan Islam Aswaja an Nahdliyyah yang rahmatan lil ‘alamin juga kesediaan menjaga dan membangun peradaban melalui sistem ketatanegaraan yang baik. Sejarah ini tak boleh dibiarkan atau dilupakan, maka memperingati kelahiran Nahdlatul Ulama ini bagi kami bukan hanya sekedar mengingat sejarah tapi juga meneguhkan gerakan (harakah),” ucapnya.

Baca Juga:  Polda Metro Jaya: Ada 44 Tersangka Kasus Judi di Jakpus

“Berbagai kegiatan akan kami laksanakan diantaranya adalah dibidang organisasi dan hukum kami akan menggelar Rapat Kerja Cabang (Rakercab) II PC GP Ansor Kabupaten Lampung Timur, dibidang kaderisasi, pemberdayaan kader kami akan melaksanakan halaqah kader menyongsong 1 Abad Nahdlatul Ulama yang akan diisi oleh narasumber utama yakni KH Aunulloh Ala habib, salah satu tokoh muda NU asal Jawa Tengah yang dipercaya sebagai Instruktur Nasional Kaderisasi PP GP Ansor sekaligus Katib Syuriah PBNU masa khidmat 2022-2027, kedua acara tersebut akan dilaksanakan pada Tanggal 25-26 Januari 2022 di komplek Pesantren Al Falah Kecamatan Batanghari Nuban, Kabupaten Lampung Timur,” tambah alumni Pesantren Darul A’mal Kota Metro ini.

Baca Juga:  202 Ribu Pelaku Haji Ilegal Dideportasi, 17 Ribu Ditangkap

“Kegiatan yang ketiga adalah bhakti sosial, kegiatan bhakti sosial ini akan dilaksanakan pada tanggal 29 Januari 2022 di pinggiran laut atau di bibir pantai seputaran Kabupaten Lampung Timur, beberapa pinggiran pantai Kabupaten Lampung Timur akan menjadi titik sasaran bhakti sosial berupa berbagai kegiatan dan aksi sosial yang masih akan kita koordinasikan dengan para pengelola pantai, dan tak kalah penting juga bhakti sosial yang akan kami laksanakan di kantor PCNU Kabupaten Lampung Timur,” tambahnya.

“Kegiatan keempat adalah dibidang keagamaan dimana sebagai wujud syukur dan doa kami akan menggelar 96 kali khotmil Quran, yang akan dilaksanakan oleh seluruh Kader GP Ansor se Kabupaten Lampung Timur dan yang kelima adalah Pagelaran Gitar Tunggal yang akan dilaksanakan pada Tanggal 31 Januari 2022 di komplek Pesantren Darul Fattah Kecamatan Way Bungur, Kabupaten Lampung Timur,” imbuhnya lagi.

Baca Juga:  Tipu-tipu Investasi Alkes Fiktif Rp30 M, TNA Diringkus Polisi

“Dipilihnya Pagelaran Gitar Tunggal ini karena selain mengangkat dimensi kearifan lokal adat budaya Provinsi Lampung juga dimaksudkan sebagai bukti keseriusan kami para kader muda NU Kabupaten Lampung Timur yang tergabung dalam GP Ansor dalam menjaga adat dan tradisi yang baik sebagaimana motto perjuangan kami yakni al muhafadhatu ala qadiimis shalih wal ahdu bil jadidil ashlah yang artinya senantiasa menjaga warisan budaya lama yang sangat baik tetapi juga selalu update dan menerima perkembangan peradaban yang lebih baik. dan yang terakhir adalah giat partisipatif dimana kami selaku kader GP Ansor siap berpartisipasi aktif dalam setiap program yang akan dilaksanakan oleh PCNU Kabupaten Lampung Timur dalam memperingati Harlah NU ke 96 tahun 2022 ini,” tutupnya.
Kontributor : Akhmad Syarief Kurniawan

Terkini

Kiai Bertutur

E-Harian AULA