Search

Kriteria dalam Mencari Teman, Ini Konsep Al-Hikam

Oleh: Ustadz M. Ilham Zubair Nawawie (Rais Syuriah MWC NU Wiyung Surabaya)

Imam Ibnu Atha’illah as-Sakandari tdk henti-hentinya berkontribusi dalam hal agama. Tanpa kenal lelah beliau terus berupaya untuk menorehkan karya-karya emasnya dengan tujuan supaya menjadi wasilah bagi segenap umat islam dipenjuru dunia dlm menekuni aktifitas spritualnya menuju Tuhannya

Di antara petuah beliau yang patut dijadikan referensi adalah dawuh beliau yang tertuang dalam karyanya yang sangat populer (Syarah al-Hikam):

لاتصحب من لاينهضك حاله ولايدلك على الله مقاله
“Jangan berteman dengan orang yang tingkah lakunya tidak membangkitkan semangat taat kepada Allah, dan kata-katanya tidak bisa menunjukkan engkau ke jalan Allah”

Dalam mencari seorang teman, kita harus memilih dengan cermat, karena teman bisa mempengaruhi diri kita. Bila teman kita baik, maka kita pun akan menjadi baik.

Baca Juga:  Erick Thohir Berikan Tambahan 2.300 Kesempatan Magang di BUMN

Sebaliknya jika teman kita jahat, walaupun kita orang yang baik, lama kelamaan kita akan terpengaruh dan mengikutinya.

Oleh karenanya, carilah teman yang dapat membangkitkan semangatmu utk taat beribadah kepada Allah dan memberikan nasehat serta mengingatkanmu bila engkau berbuat kesalahan.

Imam Sahl bin Abdullah dawuh: barhati-hatilah (jangan) berteman dengan tiga macam manusia, yaitu: Pemerintah yang kejam, ahli Qurra’ yang selalu mencari muka, dan orang tasawuf gadungan (yang bodoh tentang hakikat tasawuf).

اللهم اعناعلى ذكرك وشكرك وحسن عبادتك
اللهم صل على سيدنامحمد
Demikian, wallahu a’lam bisshawab.
الفقيرمحمدالهام زبيرنووي

Terkini

Kiai Bertutur

E-Harian AULA