Search

Santri MUQ Langsa Studi Komparatif Ke Pesantren Ar-Raudlatul Hasanah Medan

Majalahaula.id – Sebanyak 24 orang santri Madrasah Aliyah Ulumul Qur’an Langsa Yayasan Dayah Bustanul Ulum melakukan kunjungan atau studi komparatif Pesantren Ar-Raudlatul Hasanah, Kota Medan, Minggu (3/3/2024).

Kunjungan ini dalam rangka menjalin silaturahmi antar santri juga pengembangan kapasitas santri terutama dalam bidang bahasa Madrasah Ulumul Qur’an (MUQ) Langsa.

Para santri didampingi oleh Ust. Zulfadli, M.Hum, Ustzh. Sri Maisari, M.Pd dan Ust. M. Ihsan Sulis, M.Ag disambut oleh Ust. H. Miftakhuddin, SS., S.Pd., MM. (Wakil Direktur Pesantren Ar-Raudlatul Hasanah).

Kegiatan ini didukung penuh oleh Ust. Dede Gustian, M.Si (Sekretaris Yayasan Dayah Bustanul Ulum), H. Samsuria, M.Pd (Abuchik Dayah) dan juga Ustzh Rafida Hanum, S.Ag. MS. (Kepala MAS Ulumul Qur’an).

Baca Juga:  Sekolah Melon Berbasis Greenhouse, Integrasi Teknologi dalam Sistem Pendidikan Pesantren

Yayasan Dayah Bustanul Ulum memberikan dukungan dalam peningkatan mutu, minat dan kualitas santri serta pengembangan wawasan pendidikan bahasa.

Dewan guru MUQ Langsa, Ust. Isan Sulis, mengatakan, Dijadikannya Pesantren Raudhatul Hasanah sebagai tempat kunjungan tak lain karena pesantren ini merupakan salah satu pesantren yang memiliki manajemen baik dalam pengembangan bahasa.

“Mengingat Raudhatul Hasanah (RH) adalah pesantren alumni Gontor dan menggunakan sistemnya,” ujarnya.

Dia menambahkan, dalam pertemuan itu Ust. H. Miftakhuddin, SS., S.Pd., MM selaku Wakil Direktur Pesantren Ar-Raudlatul Hasanah menyampaikan beberapa poin penting berkenaan dengan kepesantrenan, seperti sejarah, moto pesantren, panca jiwa dan lainnya.

Sesi tanya jawab dan diskusi juga semakin menghangatkan pertemuan ini. Beberapa santri juga bertanya terkait metode, tips, motivasi dan lainnya berkenaan pengembangan bahasa.

Baca Juga:  Urgensi Perda Tentang Fasilitasi Pendidikan Pesantren Kota Tangerang

Selepas itu, acara pertemuan diakhiri dengan pemberian cinderamata sekaligus foto bersama di depan Kantor Pusat Pesantren Raudlatul Hasanah.

Tidak sampai disitu, para santri juga diajak berkeliling melihat komplek Pesantren, ditemani oleh Ust. H. Kukuh Harianto Aqsha Sebayang, Lc. dan al-Ustadz Nash Rizal Ghani

Pada akhir kesempatan para santri juga sempat dibawa berkunjung ke perpustakaan dipandu oleh Ust. Radinal Mukhtar.

Beliau memperlihatkan kepada para santri MUQ Langsa buku-buku karya santri Raudhatul Hasanah yang terpajang di rak perpustakaan pesantren.

Pada sesi akhir kunjungan itu, Ust. Radinal memberikan semangat kepada santri MUQ untuk terus menulis, karena dengan menulis kita kan semakin bermanfaat.

 

Terkini

Kiai Bertutur

E-Harian AULA