Search

Addin Jauharudin Ajak Ansor Jadi Kader Tangguh

Majalahaula.id – Ketum Ansor Ajak Ketua Umum Pimpinan Pusat (PP) Gerakan Pemuda (GP) Ansor, Addin Jauharudin menilai, era persaingan global saat ini membutuhkan sosok yang memiliki latar belakang dan karakter jelas. Dengan modal kejelasan nilai identitas, Addin meyakini, bangsa Indonesia akan semakin tangguh di masa mendatang terutama dalam sektor politik, sosial dan ekonomi.

Pandangan tersebut disampaikannya saat memberikan sambutan pada silaturahim Pimpinan Cabang (PC) GP Ansor se-Barlingmascakeb di Pondok Pesantren Roudhatut Tholibin, Sirau, Kemranjen, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, Selasa (20/02/2024).

Di depan ratusan kader Ansor dan Banser eks Karesidenan Banyumas itu, Addin meminta para anak-anak muda NU ini untuk benar-benar menyadari akan tantangan bangsa ke depan yang kian kompleks dan tak ringan. Ia berharap para kader percaya diri sekaligus mampu mengkompromikan antara yang bersifat ideologis dan taktis, yang bersifat tertutup dengan fleksibel antara hal-hal yang sempit menjadi luas. “Kalau soal nilai dasar perjuangan dan pergerakan Ansor seperti membela NKRI sudah tuntas dan jelas. Posisi politik kebangsaan tuntas. Posisi masyarakat pun tuntas. Yang belum tuntas adalah kader ke depan memiliki nilai-nilai identitas kita masing-masing agar jati diri kuat dan bisa menjadi semakin berkualitas dan tangguh di era kompetitif,” ujar Addin.

Baca Juga:  Di Konfercab Ansor, Wabup Garut Singgung Angka Kemiskinan

Ketua Umum GP Ansor yang baru terpilih pada Jumat (02/02/2024) ini menilai, ada tiga langkah strategis untuk membangun nilai identitas kader Ansor yang konstruktif. Pertama, melakukan rekayasa politik yang terukur. Kedua, rekayasa social  dan ketiga rekayasa ekonomi (economic engineering). “Bukan hal sulit untuk membuat rekayasa-rekayasa itu karena saat ini banyak kader tersebar di sektor yang strategis seperti menjadi kepala desa atau perangkat desa, pendamping program keluarga harapan (PKH), penyelenggara pemilu, aktivis karang taruna, jaringan profesional di berbagai bidang dan jaringan birokrasi di berbagai Lembaga pemerintahan,” ungkap Addin. (Ful)

Terkini

Kiai Bertutur

E-Harian AULA