Search

Mahasiswa Unair Gagas Inovasi Tambal Ban Online

Majalahaula.id – Kasus kesulitan mendapatkan jasa tambal ban saat malam hari atau di kawasan tertentu masih menjadi masalah yang kerap dijumpai. Oleh karena itu, dua mahasiswa Universitas Airlangga (Unair) membuat solusi atas permasalahan tersebut.

Mereka adalah Iqbal Rohim Al Farisi dan Nada Alifia Susandi. Dua mahasiswa tersebut membuat gagasan berupa tambal ban online yang diberi nama TambalQue.

Menurut Iqbal, ide inovasi tersebut berawal dari pengalaman pribadi yang sulit mendapatkan jasa tambal ban pada malam hari.

“Kesulitan tersebut menginspirasi kami untuk mengangkatnya sebagai ide esai. Selain itu, hal ini juga merupakan inovasi pengembangan solusi digital yang memudahkan akses terhadap layanan tambal ban,” ungkapnya, dikutip dari laman Unair, Selasa (2/1/2024).

Baca Juga:  SMA NUSA JAWARA, 95% Siswa Tembus Perguruan Tinggi Negeri

“Untuk menjalankan gagasan kami dengan efektif, kami merasa perlu untuk memperdalam pemahaman dalam bidang pembuatan program aplikasi, sekaligus mendalami konsep-konsep ekonomi yang relevan,” jelas Iqbal.

“Hal ini kami lakukan dengan tujuan untuk memastikan bahwa gagasan kami tidak hanya kreatif secara teknis, tetapi juga strategis dan menguntungkan dari segi keuangan, terutama untuk pengusaha tambal ban yang menjadi target utama kami,” sambungnya.

Gagasan yang dituangkan ke dalam esai tersebut berhasil memenangkan juara Best Presentation di ajang Lomba Esai Ilmiah WECOTION tingkat nasional yang diselenggarakan oleh Universitas Warmadewa, Denpasar pada 23-24 Desember 2023 lalu.

Iqbal dan tim berharap gagasan mereka bisa dikembangkan dan diimplementasikan lebih lanjut.

Baca Juga:  Perpusnas Beri Penghargaan kepada Pegiat Literasi dan Perpustakaan

“Hal lain yang perlu diperhatikan ialah mengenai pentingnya untuk tidak membatasi ilmu pengetahuan. Kami menggarisbawahi bahwa motivasi internal untuk terus meningkatkan diri merupakan hal yang sangat esensial,” ungkapnya.

Terkini

Kiai Bertutur

E-Harian AULA