Search

KH Ma’ruf Amin Bersiap Ngantor di Papua

Majalahaula.id – Wakil Presiden (Wapres) KH Ma’ruf Amin dijadwalkan akan melakukan kunjungan kerja sekaligus berkantor di Papua pada pekan depan. Juru Bicara Wakil Presiden Masduki Baidlowi mengatakan, Kiai Ma’ruf Amin akan berangkat menuju Papua pada Senin (09/10/2023) dan akan berkantor di sana selama lima hari.

“Rencana berkantor di Papua yang dulu pernah terberitakan tapi kemudian tertunda berbagai kegiatan nasional, akhirnya bisa dilaksanakan sekarang, selama lima hari,” kata Masduki di Istana Wakil Presiden, Jakarta, Jumat (06/10/2023).

Masduki mengatakan, Kiai Ma’ruf Amin juga akan berkunjung ke tiga daerah di Papua, yakni Jayapura, Wamena, dan Merauke. Ia mengungkapkan, Wapres akan menempati sebuah ruangan di kantor Kementerian Keuangan (Kemenkeu) yang terletak di Jayapura.

Baca Juga:  Lestari Moerdijat Keterwakilan Perempuan di Politik

Selama di Papua, Kiai Ma’ruf Amin juga diagendakan akan mengadakan rapat koordinasi dengan mengumpulkan para kepala daerah se-Papua. “Ini saya kira sangat penting karena Wapres punya tanggung jawab ya, diberi tugas khusus oleh Pak Jokowi bagaimana agar percepatan pembangunan kesejahteraan Papua itu bisa terlaksana,” ujarnya.

Kemudian, Kiai Ma’ruf akan berdialog dengan aktivis Hak Asasi Manusia (HAM), altet Papua, serta pengusaha. Sebelum tiba, akan transit di Makassar untuk menghadiri peresmian masjid yang dimiliki mantan Menteri Pertanian (Mentan) Amran Sulaiman.

Pj Gubernur Papua Selatan, Apolo Safanpo menjelaskan bahwa kunjungan tersebut diagendakan untuk melakukan peletakan batu pertama pembangunan Gedung Kantor Gubernur Provinsi Papua Selatan di Kota Terpadu Mandiri (KTM) Salor, Distrik Kurik, Merauke. Hal ini disampaikannya saat ditemui wartawan di VIP Room Bandara Mopah Merauke, Rabu (04/10/2023). “Jadi beliau dari Wamena ke Merauke tanggal 12 langsung istirahat, besoknya tanggal 13 peletakan batu pertama,” kata Apolo Safanpo. Namun, Apolo juga menyampaikan kalau jadwal tersebut masih tentatif, bisa saja terdapat perubahan terkait waktu kunjungan Wapres ke Merauke.

Baca Juga:  Siti Nadia Tarmizi Kelanjutan Penanganan Covid-19

Berdasarkan informasi, tanggal kedatangan Wapres ke Merauke adalah 12 Oktober 2023 setelah melakukan serangkaian kegiatan di Wamena, Kabupaten Jayawijaya, Provinsi Papua Pegunungan. Dari Wamena, langsung bertolak menuju Merauke untuk mengikuti peletakan batu pertama pembangunan Gedung Kantor Gubernur Papua Selatan. (Ful)

Terkini

Kiai Bertutur

E-Harian AULA