Search

Pengurus IKA PMII Banyumas Diharap Kompak dan Aktif

Majalahaula.id – Pengurus Cabang (PC) Ikatan Alumni Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (IKA PMII) Cabang Banyumas, Jawa Tengah resmi dilantik. Pengurus periode 2023-2027 itu dilantik di Pendopo Si Panji oleh Ketua Pengurus Besar (PB) IKA PMII, H Ahmad Muqowwam, Senin (18/09/2023).

H Ahmad Muqowwam menyebut Banyumas adalah daerah unggul. Terbukti banyak kampus besar yang ada di kawasan ini, hingga tidak heran banyak pejabat, hingga TNI/Polri berasal dari Banyumas. Keunggulan lain, Banyumas satu-satunya daerah dengan dua kejaksaan dan pengadilan. Karena sebelum tahun 1966 memang ada Kota Purwokerto.

“Kehebatan masa lalu Banyumas ini harus jadi mata air, sumber atau back mind teman-teman IKA PMII Banyumas. Jadi inspirasi untuk diadaptasi masa lalu menjadi masa sekarang dan masa depan,” katanya.

Baca Juga:  PMII dan Warga Ponorogo Pertanyakan Keberadaan TPA

Banyumas sudah akrab sejak era 1985-1986 saat dirinya menjadi Ketua Koorcab PMII Jawa Tengah. Termasuk saat tahun 1983-1984 Muqowwam aktif di IPNU Purwokerto atau Banyumas. Untuk itu dia minta IKA PMII di bawah kepemimpinan Muhammad Ridwan bisa kompak dan aktif. “Dari pendopo ini, Mas Ridwan dan sahabat-sahabat akan bergerak, memberi manfaat untuk masyarakat. Harus ada perbaikan dari kepengurusan sebelumnya. Perbaikan untuk kebaikan bangsa dan negara,” harapnya.

Sementara Ketua PC IKA PMII Banyumas, H Muh Ridwan menyebut ada sejumlah karakter dasar yang harus dimiliki kader. Di mana karakter ini akan jadi ukuran sejauh mana PMII bisa eksis dan memberi manfaat untuk bangsa Indonesia dan Banyumas khususnya. “Jadi kader dan bagian dari IKA PMII ini saya titipkan tiga karakter utama. Yakni adaptif, kolaboratif dan solutif. Ini karakter dasar yang harus dimiliki kader di manapun, khususnya IKA PMII Banyumas,” kata Ridwan.

Baca Juga:  Potensial Cuaca Ekstrem, Warga Diminta Waspada

Bupati Banyumas H Achmad Husein menyebut PMII sebagai organisasi unik. Yakni tetap demonstrasi, tetapi juga memakai pakai Pendopo Si Panji tempat acara. (Ful)

Terkini

Kiai Bertutur

E-Harian AULA