Search

Usai Lempar Jumrah, Jamaah Haji Saling Menggunduli di Mina

Majalahaula.id – Ritual melempar Jumrah di Jamarat, Mina telah dilakukan jamaah haji termasuk jamaah asal Indonesia sejak Rabu (28/6/2023) hingga Kamis (29/6/2023) siang waktu Arab Saudi. Usai lempar jumrah jamaah saling menggunduli kepala mereka, di Mina.

Melempar Jumrah adalah ritual wajib haji. Ritus Nabi Ibrahim AS ini, dengan simbol melontarkan 7 kerikil ke tugu tiga tugu batu besar, sebagai simbol melempar Iblis dan setan, penggoda manusia. Ibadah ini adalah salah satu bentuk tahallul (menghalalkan) 12 larangan ihram, setelah selama masa wukuf di Arafah. Jamarat hari pertama adalah Aqabah, lalu hari kedua dan ketiga berurutan jumrah Uwlaa, Wusta dan ketiga Aqobah.

Seperti yang dilakukan jamaah haji penghuni Maktab 69 asal embarkasi Solo, Jawa Tengah. Usai prosesi Jumrah hari Rabu (28/6/2023) jamaah laki-laki tampak saling menggunduli. Seperti Suwakna, jamaah asal Solo yang menggunduli teman sekloternya sebelum mandi dan bersuci di Daura Miyah (WC) di Maktab 69. Sebelumnya, Suwakna juga digunduli jamaah semaktabnya. “Proses rangkaian haji sudah selesai, maka kita tahalul atau mencukur rambut,” kata jamaah haji asal embarkasi Jakarta kloter 57 (JKS 57) Zaid Abdullah di maktab 50 Mina, Rabu (28/9/2023).

Baca Juga:  Koin NU Jadi Program Unggulan di Way Kanan Lampung

Tukang Cukur Panen Gunduli Jamaah Haji

Tak hanya bercukur di Mina, ternyata tukang cukur rambut di sekitar Masjidil Haram meraup banyak pelanggan di setiap musim haji seperti kali ini. Ratusan jamaah haji menyerbu kios-kios potong rambut untuk mencukur habis kepalanya.

Seperti terlihat momen saat jamaah mencukur habis rambut di kepalanya sebagai pertanda akhir dari rangkaian prosesi enam rukun haji. Tak hanya jamaah haji regular jamaah haji khusus juga melakukan cukur gundul usai menunaikan ibadah Thawaf dan Sa’i.

Terlihat kios-kios cukur di sekitar Masjidil Haram, Makkah tampak ramai diserbu jamaah dari berbagai negara. “Ada yang minta dipotong licin atau gundul tapi ada pula yang ingin disisakan 1 centimeter,” ungkap tukang cukur asal Madura.

Baca Juga:  Kebakaran Gubuk Pemulung di Bantargebang, 70 Orang Terdampak

Untuk memotong rambut pendek atau botak habis, dikenakan biaya sebesar 30 Riyal. Atau jika dirupiahkan kira-kira setara dengan Rp 120.000.

Saat digunduli, ada jamaah haji yang ditemani istrinya untuk mengabadikan momen mencukur habis rambut usai prosesi ibadah haji.(Vin)

Terkini

Kiai Bertutur

E-Harian AULA