Search

Bayi 3 Tahun di Samarinda Positif Narkoba

Majalahaula.id – Masyarakat di Samarinda, Kalimantan Timur, digemparkan oleh kasus narkoba yang melibatkan balita berusia tiga tahun. Balita berinisial N (3) itu positif narkoba jenis sabu setelah meminum air yang diberikan oleh tetangganya. Hal itu membuat N menjadi hiperaktif dan tidak bisa tidur beberapa hari.

“Rabu malam saya koordinasi dengan Kabid Keperawatan Rumah Sakit Jiwa. Akhirnya diarahkan periksa air kencing. Satu jam setelah itu hasilnya keluar, ternyata positif metamfetamin (narkoba),” ucap Ketua Tim Reaksi Cepat Perlindungan Perempuan dan Anak (TRC PPA) Kalimantan Timur Rina Zainun, Sabtu (10/6/2023).

Kabar N positif narkoba berawal saat N bersama orang tuanya M berkunjung ke rumah tetangganya yang berada di Kecamatan Sungai Pinang, Samarinda, pada Selasa (7/6/2023) sore. Saat itu N yang haus diberi minum oleh tetangganya, yaitu minuman dari botol.

Baca Juga:  Kiai Marzuki Mustamar Gaungkan Shalawat Asyghil di Istighotsah Kubro

“Anaknya itu kan kehausan, sama tetangganya ini diambilkan air minum di dalam botol yang isinya sudah setengah,” terangnya.

Setelah pulang dari rumah tetangganya, kelakuan N pun berubah. Dia yang biasa tidur cepat menjadi tidak bisa tidur dan terus ngoceh tak henti seperti sedang berhalusinasi. “Gejalanya itu dia aktif, tidak mau diam, mulutnya ngoceh terus dan tidak mau tidur. Awalnya ibunya mikir anak ini kesurupan,” ungkapnya.

Setelah dinyatakan positif narkoba, N kemudian dibawa ke RSUD Abdul Wahab Sjahranie, Samarinda, guna menjalani perawatan. Sebab, dikhawatirkan kondisinya yang seperti itu membuatnya drop.

“Di rumah sakit umum diambil tindakan opname karena dari pihak medis khawatir tentang kesehatan anak ini karena organ tubuh dipaksa untuk begadang dan tidak makan,” pungkasnya.(Hb)

Terkini

Kiai Bertutur

E-Harian AULA