Search

Mencegah Burnout Saat Menjalankan Usaha

Majalahaula.id – Kondisi burnout terkadang sulit untuk dijelaskan, karena bukan kondisi medis. Menurut kamus psikologi American Psychological Association (APA), burnout didefinisikan sebagai kelelahan fisik, emosional atau mental, disertai dengan penurunan motivasi, penurunan kinerja dan sikap negatif pada diri sendiri dan orang lain.

Kamu mungkin tidak menyadari bahwa sedang burnout. Namun, jika kamu merasa lelah dan lambat, bahkan pekerjaan sederhana pun terasa berat untuk diselesaikan,apalagi jika disertai stres sehingga cepat marah dan frustasi, maka kemungkinan besar kamu sedang mengalami burnout. Berikut cara mencegahnya.

1. Buat jadwal rutin

Membuat jadwal kegiatan secara sederhana akan membantumu melakukan pekerjaan dengan lebih tersusun dan rapi.
Kamu dapat membagi pekerjaan dalam bagian-bagian dan langkah tertentu untuk mengerjakannya secara sedikit demi sedikit dan bertahap. Namun, perlu diingat bahwa kamu harus mempertimbangkan tenggat waktunya. Jangan lupa untuk membuat jadwal satu minggu penuh dengan tetap membuat waktu untuk beristirahat, agar kamu juga memiliki kesempatan untuk bersantai.

Baca Juga:  Wapres Resmikan 6 PLUT Baru

2. Luangkan waktu untuk istirahat

Hindari semua hal yang berhubungan dengan pekerjaan, agar kamu benar-benar mendapatkan waktu istrahat yang berkualitas. Hindari ponsel dan laptop yang dapat menghubungkanmu ke pekerjaan. Nikmati waktu santai yang kamu miliki dengan tidak mengurus apapun terlebih dulu jika itu berkaitan dengan pekerjaan.

3. Berolahraga

Cobalah untuk berolahraga sejenak setiap minggunya. Berjalan kaki atau jogging di sekitar lingkungan rumah dapat menjadi olahraga sederhana yang dapat kamu lakukan. Kamu juga dapat melakukannya sambil mendengarkan musik kesukaan sehingga kamu pun lebih enjoy dalam berolahraga.

4. Lakukan hobi

Melakukan hobi yang kamu miliki sebagai salah satu cara untuk menyegarkan kembali pikiran. Jika kamu merasa melakukan hobi sudah tidak lagi menyenangkan, cobalah untuk mencari hal baru yang mungkin dapat kamu jadikan sebagai hobi baru lainnya.

Baca Juga:  30 santripreneur se-DIY Kenalkan Produk di Festival UMKM Santri

5. Coba rutinitas baru

Untuk mengubah sedikit suasana yang biasa kamu rasakan, kamu dapat mencoba tempat baru untuk menyelesaikan pekerjaanmu (jika memungkinkan), seperti di kafe outdoor yang memiliki pemandangan hijau atau di perpustakaan yang hening.

6. Peduli terhadap diri sendiri

Jaga rutinitas hidupmu dengan pola dan gaya hidup yang sehat. Jauhkan diri semaksimal mungkin dari berbagai hal yang menurutmu dapat memberikan pengaruh negatif. Makan buah dan sayur, serta istirahat yang cukup dapat menjadi langkah awal untuk menjalani hidup sehat.

7. Minta bantuan orang lain

Tak ada salahnya kamu meminta bantuan orang lain dengan membuka lowongan pekerjaan bagi tenaga yang dibutuhkan. Ada kalanya kamu membutuhkan bantuan orang lain untuk mempermudah pekerjaan yang kamu lakukan. Dengan adanya bantuan orang lain ini juga dapat membuat pekerjaan yang kamu lakukan lebih efektif dan maksimal, karena dapat selesai dengan lebih cepat.

Terkini

Kiai Bertutur

E-Harian AULA