Search

Tips Maksimalkan Instagram untuk Promosi Bisnis

Majalahaula.id – Pemilihan Instagram sebagai media promosi karena memiliki banyak keunggulan dibandingkan media sosial lainnya. Salah satunya sebagai media untuk memperkenalkan produk serta mengupdate produk, karena jangkauannya luas sehingga cepat untuk menarik para konsumen.

Untuk memaksimalkan penggunaan Instagram agar mendapatkan lebih banyak views dan engagement, kamu dapat menggunakan beberapa strategi berikut ini seperti dilansir dari Kompas.com.

1. Perhatikan jadwal posting

Untuk mendapatkan jadwal posting yang pas sehingga dapat memberikan hasil yang efektif, diperlukan analisis terlebih dulu. Cari tahu siapa audiens yang ingin kamu tuju dan kapan mereka biasanya aktif di Instagram.

Dengan mengunggah konten pada saat jam-jam mereka aktif, maka konten yang kamu unggah akan mendapat lebih banyak views dan meningkatkan engagement akun milikmu di Instagram.

Untuk menganalisis kapan waktu yang tepat, kamu dapat mencoba beberapa kali mengunggah berbagai konten berbeda di waktu yang berbeda pula. Kemudian, kamu dapat membandingkannya satu sama lain melalui hasil analisis yang didapat. Kamu dapat menentukan nantinya jam berapa konten banyak menjangkau audiens dan jenis konten seperti apa yang banyak disukai.

Baca Juga:  UMKM Cimahi Ikuti Pelatihan Membatik

Setelah itu, kamu dapat menyusun jadwal yang berisi kapan kamu harus mengunggah konten dan konten apa yang digunakan. Jangan lupa untuk tetap melakukan evaluasi terhadap konten yang sudah diunggah.

2. Buat identitas visual unik dan menarik

Ingat bahwa Instagram adalah platform media sosial yang amat mengutamakan visual. Sebagai langkah awal yang penting, kamu dapat menentukan color palette yang digunakan dengan menyesuaikan pada merek bisnismu.

Pemilihan dan penggunaan warna yang konsisten ini akan membantu kamu membangun merek yang kuat. Dengan warna yang khas, audiens akan lebih mudah menyadari bahwa itu adalah brand milikmu.

Pastikan juga pengunggahan konten di feeds, story, dan highlight disusun dengan rapih, agar menarik bagi audiens sekaligus memudahkan mereka ketika ingin mendapatkan suatu informasi.

Baca Juga:  1.800 Pelaku UMKM Kuliner Ditargetkan Peroleh PIRT

3. Promosikan di platform lain

Tak ada salahnya kamu turut membagikan konten Instagram yang kamu buat ke platform media sosial lainnya, seperti status WhatsApp atau TikTok. Hal ini dapat membuka peluang kamu dapat menjangkau audiens baru yang akan menambah jumlah audiens yang sebelumnya sudah kamu miliki.

Agar jumlah views dan engagement lebih maksimal lagi, jangan lupa untuk mencantumkan sekaligus link konten yang dimaksud. Hal ini dapat bersifat sebagai undangan bagi audiens platform lain untuk mengunjungi akun Instagrammu.

4. Buat challenge

Challenge atau tantangan merupakan jenis konten yang dapat kamu manfaatkan untuk menarik perhatian banyak orang. Sebagai contoh, jika kamu memiliki bisnis baju perempuan, kamu dapat membuat challenge mix n match outfit dengan menggunakan salah satu model baju yang kamu produksi.

Baca Juga:  SHW Center: Pemerintahan Baru Diminta Berpihak Pada Sektor UMKM

Nantinya kamu dapat memberikan hadiah khusus berupa salah satu model baju yang diproduksi bagi pemenang sesuai dengan persyaratan yang telah ditentukan di dalam challenge.

5. Gunakan fitur live Instagram

Sudah banyak platform media sosial yang memiliki fitur ini, termasuk Instagram. Kamu dapat memanfaatkan fitur yang satu ini untuk memberikan pengalaman berbelanja online yang baru bagi pelanggan.

Kamu dapat melakukan interaksi dengan pelanggan melalui fitur ini. Pelanggan dapat merasakan sensasi berbelanja secara offline melalui fitur ini dengan mendapatkan respon yang cepat, seperti menanyakan ukuran atau warna, bagaimana tampilan baju saat digunakan, bahkan warna outfit apa yang cocok digunakan sebagai mix n match.

Kamu juga dapat memberikan promo khusus seperti voucher gratis ongkir bagi pelanggan sebagai salah satu daya tarik tambahan.

Terkini

Kiai Bertutur

E-Harian AULA