Search

Mengenal Pondok Pesantren Dalwa Bangil Pasuruan

Majalahaula.idPondok Pesantren Dalwa Bangil Pasuruan merupakan salah satu pondok pesantren ternama yang berada di Pasuruan, Jawa Timur. Pondok Pesantren Dalwa sudah terkenal di penjuru wilayah Indonesia.

Pondok Pesantren Dalwa didirikan oleh Al Habib Hasan Baharun pada tahun 1981. Kini, Pondok Pesantren Dalwa Bangil Pasuruan telah mempunyai 7.450 santri putra dan putri dan telah memiliki 4 kampus.

Berikut Liputan6.com ulas mengenai Pondok Pesantren Dalwa Bangil Pasuruan dan pendidikannya yang telah dirangkum dari berbagai sumber, Minggu (7/5/2023).

Pondok Pesantren Dalwa Bangil Pasuruan merupakan salah satu pondok pesantren ternama di Jawa Timur. Pondok Pesantren Dalwa ini didirikan oleh Al Habib Hasan Baharun pada tahun 1981 silam.

Baca Juga:  Rencana PCINU Jepang Dirikan Pesantren di Negeri Sakura

Awalnya pondok pesantren ini hanya sebuah rumah kontrakan, kemudian semakin tahun berkembang pesat sampai sekarang telah memiliki 7.450 santri putra dan putri dan telah memiliki 4 kampus.

Dalwa sendiri merupakan singkatan dari Darullughah Wadda’wah yang artinya tempat persemaian bahasa dan dakwah. Dalam pembangunannya, Pondok Pesantren Dalwa ini memiliki visi dan misi yang dipegang erat hingga saat ini.

Dikutip dari laman resmi Pondok Pesantren Dalwa, terdapat beberapa visi dan misi yang dijunjung tinggi yakni,

Visi Pesantren

Menjadi lembaga pendidikan Islam/pondok pesantren sebagai pusat pemantapan akidah, pengembangan ilmu, amal dan akhlak yang mulia dalam sendi-sendi kehidupan masyarakat.
Menjadi lembaga pendidikan Islam/pondok pesantren yang dibangun atas dasar komitmen yang kokoh dalam upaya mengembangkan kehidupan yang disinari oleh ajaran Islam dengan faham Ahlussunnah Waljamaah.

Baca Juga:  Polisi Masuk Pesantren Ajarkan Bela Negara

Menjadi lembaga pendidikan Islam/pondok pesantren alternatif dalam pembinaan generasi muda dan umat Islam dengan sistem pendidikan terpadu.

Tujuan Pesantren

Membina dan mengantarkan generasi muda Islam (santri) memiliki keimanan yang kuat/tangguh, berilmu tinggi (faqih fiddin) serta berkepribadian yang baik dan mulia (berakhlakul karimah)
Memberikan keteladanan dalam kehidupan atas dasar nilai Islam dan budaya luhur bangsa Indonesia.

Membekali santri dengan berbagai disiplin ilmu pengetahuan/teknologi, dan keterampilan sehingga mampu menghadapi/mengatasi perkembangan global.

Mengantarkan santri/generasi muda Islam menjadi kader-kader dakwah yang mampu menyelesaikan problematika umat dan dapat membawa masyarakat sekitarnya ke arah yang lebih baik dan maju.

Mempersiapkan generasi muda Islam (santri) menjadi generasi penerus estafet kepemimpinan umat dan bangsa yang berwawasan luas, kritis dan menjadi SDM yang berkualitas.

Baca Juga:  Mengenal Lebih Dekat Profil Pondok Pesantren Darul Ulum Palangkaraya 

Tujuan dari segala tujuan adalah semata-mata melaksanakan perintah Allah SWT dengan senantiasa mengharap hidayah dan ridla-Nya.

Terkini

Kiai Bertutur

E-Harian AULA