Search

Perlu Kolaborasi untuk Majukan Pendidikan di Tanah Air

Majalahaula.id – Pada hari Hari Pendidikan Nasional 2023 ini, pemerintah mengangkat tema Bergerak Bersama Semarakkan Merdeka Belajar. Dan untuk dapat mewujudkan tujuan mulia tersebut, maka yang dibutuhkan adalah kolaborasi dengan melibatkan berbagai elemen bangsa.

Penegasan tersebut disampaikan pengurus Lembaga Pendidikan Ma’arif PBNU Puji Raharjo. Katanya, tema ini perlu diwujudkan dengan kerja-kerja kolaboratif untuk mewujudkan kebaikan melalui pendidikan. “Sebagai insan pendidikan, kita harus selalu bergerak bersama untuk mencapai tujuan bersama. Tidak bisa lagi kita bekerja secara terisolasi, karena hanya dengan kolaborasi yang baik antara semua pihak, kita dapat mencapai hasil yang maksimal,” katanya Puji yang juga Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Lampung ini, Selasa (02/05/2023).

Baca Juga:  Menemukan Judi Online? Segera Laporkan ke Polisi

Insan pendidikan menurutnya harus untuk memperkuat sinergi antara seluruh komponen bangsa, termasuk guru, orang tua, pemerintah, dan masyarakat. Semuanya juga harus memperkuat kualitas pendidikan dengan melakukan inovasi dan pembelajaran yang lebih efektif dan efisien. Kolaborasi ini juga lanjutnya, dapat ditingkatkan dengan memanfaatkan teknologi informasi. Teknologi informasi dapat mempercepat komunikasi dan mempermudah akses informasi sehingga memungkinkan para insan pendidikan untuk berkolaborasi secara lebih efektif dan efisien. Pemanfaatan teknologi informasi lanjutnya, dapat membuka peluang untuk mengembangkan metode pembelajaran yang lebih kreatif dan interaktif, seperti pembelajaran berbasis game, pembelajaran berbasis video, dan sebagainya.

“Teknologi informasi juga dapat mempermudah para guru dan peserta didik dalam mengakses berbagai sumber belajar yang tersedia di internet,” ungkapnya. Namun ia mengingatkan juga bahwa engagement (kolaborasi) dengan teknologi informasi harus dilakukan dengan bijak dan tepat sasaran. Para insan pendidikan harus memastikan bahwa penggunaan teknologi informasi tidak hanya sekadar menjadi alat bantu, tetapi juga dapat memberikan nilai tambah bagi proses pembelajaran.

Baca Juga:  Fenomena Ida Dayak Buktikan Pengobatan Tradisional Diminati Warga

Terkait kerja sama kolabiratif ini juga ditegaskan oleh Menteri Pendidikan Nadiem Anwar Makarim dalam sambutan resmi Hardiknas 2023. Dengan kerja sama, transformasi masif dalam pendidikan bisa dicapai dan dinikmati bersama. “Transformasi yang masif ini sudah sepatutnya dirayakan dengan penuh syukur dan semarak, karena semuanya adalah hasil dari kerja keras dan kerjasama kita,” ungkapnya. (Ful)

Terkini

Kiai Bertutur

E-Harian AULA