Search

Ansor dan Banser Gunungkidul Dirikan Posko Mudik Lebaran

Majalahaula.id – Pimpinan Cabang (PC) Gerakan Pemuda (GP) Ansor dan Satuan Koordinasi Cabang (Satkorcab) Barisan Ansor Serbaguna (Banser) Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) menyiapkan posko mudik lebaran 2023, Rabu (12/04/2023). Hal tersebut untuk memberikan pelayanan kepada para pemudik yang akan pulang kampung saat lebaran Idul Fitri 1444 H karena banyak sekali warga yang mebutuhkan panduan terkait hal ini mengingat para pemudik berasal dari luar kota.

“Dalam rangka memberikan kenyamanan dan membantu aparat dalam kelancaran mudik bagi saudara dan sahabat umat muslim yang akan merayakan Idul Fitri di kampung halaman, kami akan menyiapkan posko mudik lebaran 2023,” kata Gus Luthfi, Ketua PC GP Ansor Kabupaten Gunungkidul.

Baca Juga:  Muslimat NU Bone Bolango Giatkan Safari Dakwah Aswaja

Menurutnya, keberadaan posko sebagai bagian dari pengabdian. “Posko mudik lebaran ini sebagai bentuk pengabdian. Bentuk kontribusi Banser bagi masyarakat dan negara,” ungkapnya

Ditambahkan juga oleh Ketua PC GP Ansor Gunungkidul, petugas personel juga diikuti oleh biro informasi dan komunikasi (infokom) dan beberapa unit khusus. Yakni unit khusus Balantas, Bagana, Basada dan Banser Provost yang mempunyai tugas membantu dan memberikan informasi lalulintas kepada pemudik, menjamin keamanan dan kesehatan pemudik selama berisitirahat.

“Tugas lainnya menjaga kebersihan posko, melaporkan setiap pergantian shift, mendokumentasikan setiap kejadian di posko, dan membantu masyarakat sekitar seperti penyebrangan, bersih-bersih, dan lain sebagainya,” Jelas Gus Luthfi.
Kegiatan kali ini akan dilakukan mulai H-7 sampai H+7 tepatnya pada tanggal 15-29 April 2023. Hal ini dengan menerjunkan sebanyak seribu personil Banser yang tersebar di berbagai titik posko secara bergantian dengan 3 shift.

Baca Juga:  Ansor Kalsel Jadi Tuan Rumah Konferensi Besar

Kasatkorcab Banser Gunungkidul, Sidiq Zaenal Arifin menyampaikan, pelayanan posko mudik Ansor dan Banser di Kabupaten Gunungkidul terbagi menjadi 10 titik. Posko tersebar di kabupaten setempat dan ke depannya akan bisa ditambah. (Ful)

Terkini

Kiai Bertutur

E-Harian AULA