Search

UIN Walisongo Gelar Ziarah Wali

Majalahaula.id – Pimpinan beserta para dosen dan tenaga kependidikan Fakultas Ushuluddin dan Humaniora UIN Walisongo Ziarah ke makam Mbah Sambu, K.H. Bisri Mustafa dan RA Kartini di Rembang. Kegiatan ini merupakan rangkaian ziarah 53 wali di Nusantara dalam rangka Dies Natalis UIN Walisongo ke-53.

Kegitan ziarah ini dimulai dengan mengunjungi makam tokoh NU yang dikenal sebagai seorang kiai, budayawan, politisi dan penulis yaitu K.H. Bisri Mustafa. Makam kedua yang dikunjungi Sayyid Abdurrahman atau akrab dipanggil Mbah Sambu ini merupakan tokoh ulama legendaris di Kota Lasem, Rembang. Beliau adalah putra Pangeran Benowo, putra dari Jaka Tingkir alias Sultan Hadiwijaya, Raja Kerajaan Pajang, cikal bakal Kerajaan Mataram Islam.

Baca Juga:  KIP Kuliah 2023 Dibuka

Terakhir ada makam RA Kartini merupakan istri Bupati Rembang kala itu yang dinobatkan sebagai pahlawan perempuan yang dikenal sangat mencintai rakyatnya, wafat diusia 25 tahun.

Dekan FUHum Prof. Dr. H. Hasyim Muhammad, M.Ag. mengatakan ziarah kali ini untuk mengingat kembali perjuangan dan kiprah para ulama agar dijadikan inspirasi untuk pengembangan UIN Walisongo baik dalam pendidikan, penelitian maupun pengabdian.

“Mbah Sambu, Kiai Bisri Mustafa dan RA Kartini selama hidupnya tak kenal lelah dalam berdakwah dan mendidik masyarakat di Jawa, khususnya daerah Rembang. Bahkan karya-karyanya, Tafsir Al Ibriz misalnya, kitab tafsir karangan Kiai Bisri Mustafa tersebut masih terus dikaji dan dijadikan rujukan oleh berbagai kalangan,” ungkapnya.

Baca Juga:  Atdikbud Tokyo Sambut Mahasiswa UIN Syarif Hidayatullah KKN Internasional di Jepang

“Kami bisa mengambil nilai-nilai daripada perjuangan, karya dan kiprah para tokoh sebagai pelajaran ini untuk kemajuan kampus tercinta,” imbuh Prof. Hasyim di sela-sela ziarah pada Sabtu (11/3/2023). (Win)

Terkini

Kiai Bertutur

E-Harian AULA