Search

Promosi Digital UMKM Lewat Tiktok

Majalahaula.id – Digitalisasi bisnis UMKM menjadi salah satu langkah untuk dapat mempertahankan bisnis. Seperti halnya platform tiktok yang banyak digunakan UMKM untuk mempromosikan produk. Kunci keberhasilan dalam membuat konten tiktok, para pelaku UMKM harus berani mencoba untuk membuat konten pemasaran. Karena keaslian konten menjadi keunikan platform tiktok ini.

Sebagai langkah awal memulai konten tiktok, pelaku UMKM harus merancang konten yang kreatif. Tujuannya agar pesan yang disampaikan mudah diterima konsumen. Dilansir dari bisnisukm, salah satu caranya adalah sebagai berikut :

Produk Jawaban Masalah Konsumen

Setiap hari setiap orang tentu terus berusaha mencari jawaban atas masalah yang ditemui. Mulai dari masalah kulit wajah yang sering dihadapi seperti kusam, berjerawat bahkan berminyak. Pelaku UMKM bisa memanfaatkan permasalah yang dihadapi konsumen. Caranya dengan menjadikan keunggulan dan manfaat produk sebagai jawaban.

Sweet spot adalah sebuah sebutan untuk sebuah pertemuan antara manfaat produk dengan pemahaman konsumen. Untuk menambah wawasan dan pengetahuan tentang memahami kebutuhan konsumen, UMKM harus memposisikan diri sebagai konsumen. Misalnya saja kapan mereka menggunakan produk, dimana konsumen bisa menemukannya dan nilai yang mereka cari.

Baca Juga:  Penjualan Baju Bekas di IG Ilegal

Sebagai contoh produk yang dapat menyembuhkan jerawat, ini menjawab permasalahan masalah kulit wajah yang berjerawat. Solusi dari permasalahan tersebut dilengkapi dengan memberikan penjelasan dan tutorial. Cara ini sekaligus menjadi arahan untuk mendapatkan produk melalui e-commerce.

Konten Simpel dan Faktual

Untuk membuat konten tiktok pastikan jika iklan sederhana dan mudah dicerna oleh konsumen. Misalnya foto produk yang digunakan harus sesuai dengan produk yang dijual. Kalian bisa membuat konten sederhana dengan mengemas kegiatan sehari-hari.

Kegiatan sehari-hari dirumah bisa menjadi bagian ide konten yang menarik dan mudah dicerna oleh konsumen. Seperti contohnya proses membersihkan wajah sebelum tidur, atau rutinitas pagi sebelum bekerja dengan memakai skin care.

Konten Kejutan di Akhir Bagian

Setelah UMKM mendapatkan ide untuk menjawab permasalahan target konsumen yang dibidik. UMKM harus membuat jawaban yang dikemas melalui tiktok yang dikemas dengan konten menarik dan kreatif.

Baca Juga:  1.800 Pelaku UMKM Kuliner Ditargetkan Peroleh PIRT

Misalnya dengan mengemas konten yang diawali dengan cuci muka dan menemukan ada masalah kulit wajah berjerawat. Kemudian diakhiri dengan promosi produk yang dapat menyembuhkan kulit berjerawat. UMKM bisa mengemas konten tiktok dengan cara yang dramatis.

Cara ini bisa memberikan kejutan yang meninggalkan pesan yang berkesan pada konsumen. Sekaligus memberikan keinginan konsumen untuk ikut mencoba produk dan merasakan manfaat dengan menggunakan produk tersebut.

Manfaatkan Tools Gratis

Bagi para UMKM permasalahan budget minim adalah hal yang sangat lazim. Tiktok menjadi pilihan platform yang memiliki creative tools lengkap dan tepat untuk mendukung UMKM membuat konten kreatif. Beberapa tools gratis dalam tiktok seperti musik, stiker, filter, suara, penambah teks dan fitur voice over. Kehadiran fitur tersebut mempermudah UMKM untuk mempromosikan produk melalui cerita tentang produknya dengan cara yang kreatif.

Baca Juga:  Pencabutan PPKM Pulihkan Kinerja UMKM

Untuk UMKM bidang skincare, kalian bisa mengkombinasikan tools tiktok yang membuat produk seolah berbicara pada konsumen. Seperti misalnya produk menyampaikan pesan pentingnya produk A untuk mengobati jerawat. Kalian bisa menggunakan filter face featured untuk memberikan mata dan mulut pada produk. Jadi seolah-oleh produk tersebut hidup dan dapat berbicara. Penambahan adding text untuk memberikan informasi tambahan dan musik yang dilengkapi dengan copyright pada aplikasi untuk memperkuat pesan yang ingin disampaikan UMKM.

3 Detik Penentuan Sukses Iklan

Tahukah kalian kalau algorima platform tiktok dalam 3 detik pertama menentukan kesuksesan iklan yang kalian buat? Itu sebabnya selam 3 detik pertama kalian harus membuat konten menarik yang membuat konsumen penasaran. Informasi penting terkait produk harus disampaikan di awal. Tiga detik tersebut menentukan keputusan pelanggan.

Nah itu tadi adalah beberapa tips bikin konten menarik dan tidak membosankan. Selamat mencoba!

Terkini

Kiai Bertutur

E-Harian AULA