Search

PCNU Kotabaru Bagi-bagi Beras, Gandum dan Gula

Majalahaula.id – Sekretaris Daerah Kotabaru Drs H Said Akhmad MM menghadiri acara Buka Puasa Bersama dan Lailatul Ijtima yang dilaksanakan Keluarga Besar Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama Kotabaru yang berlangsung di Gedung Dakwah PCNU Kotabaru di Jalan Mega Indah Komplek Pendidikan Darul Ulum Kotabaru, Selasa (26/3/2024).

Lailatul ijtima sendiri merupakan kegiatan tradisi NU yang berisikan pembacaan sholawat dan zikir sekaligus menjadi kesempatan silaturahmi bukan hanya bagi nahdhiyin melainkan juga umat Islam umumnya.

Dalam kesempatan tersebut, H Said Akhmad menjelaskan, kegiatan ini memang setiap tahunnya dilaksanakan PCNU Kotabaru dalam kebersamaan di tengah Bulan Suci Ramadhan.

“Kegiatan yang dilaksanakan PCNU Kotabaru ini dalam rangka buka puasa bersama di malam ke-16 Ramadhan, yang mana acara ini rutin setiap tahunnya dan saya selalu hadir dalam Lailatul Ijtima. Dan berbagi paket dari NU mudah-mudahan menjadi keberkahan dan mudah-mudahan ini rutin dilaksanakan karena ciri khas kita dibulan suci ramadhan berbagi keberkahan,” harapnya.

Baca Juga:  NU Sumut Selenggarakan Pertemuan PCNU dan Pimpinan Pesantren

Sementara itu, Sekretaris PCNU Kotabaru, H Akhmad Fitriadi SH M Hum memaparkan hal senada dengan Sekretaris Daerah Kotabaru, dimana kegiatan buka puasa bersama dan Lailatul Ijtima juga dirangkai dengan berbagi paket sembako.

“Paket sembako yang diserahkan malam ini merupakn sumbangan dari warga nahdiyin serta Sekretaris Daerah Kotabaru yang diserahkan kepada 180 warga yang tersebar di Kecamatan Pulau Laut Utara dan Sigam untuk mereka yang berhak menerima dengan harapan dapat bermanfaat terutama di bulan suci ramadhan,” jelasnya

Adapun paket yang diserahkan tersebut diantaranya berupa beras, gandum dan gula.
Sedangkan Kepala Kementrian Agama Kotabaru, Dr H Ahmad Kamal S HI MAg menjelaskan, Lailatul Ijtima Kegiatan tersebut juga sebagai upaya untuk semakin memperkuat ukhuwah Islamiyah khususnya di kalangan warga NU. Yang biasanya diisi dengan doa tahlil untuk para pendahulu.

Baca Juga:  Meniscayakan Horizon Rozin

“Lailatul Ijtima itu biasanya kita isi dengan doa tahlil untuk para pendahulu dari warga nadhiyin dan pengurus NU terdahulu maupun warga NU yang telah wafat,” Tambahnya.
Seperti diketahui, kegiatan Lailatul Ijtima yang menjadi tradisi warga NU dan Kegiatan tersebut juga dalam rangka mempererat silaturahmi.

“Lailatul Ijtima’ ini adalah malam kita berkumpul untuk mendapatkan dan menghidupkan Sunnah Nabi Rasulullah SAW untuk bertukar ilmu dan menambah ilmu kita supaya kita lebih dekat kepada Rasulullah,” tuturnya.

Terkini

Kiai Bertutur

E-Harian AULA