Search

Pemprov Jatim siap Bantu Rekonstruksi Bangunan Terdampak Gempa

Majalahaula.id – Pemerintah Provinsi Jawa Timur memastikan kesiapan untuk membantu rekonstruksi bangunan terdampak gempa magnitudo 6,5 yang terjadi pada 22 Maret lalu.  Penjabat (Pj) Gubernur Jatim Adhy Karyono, dalam Rapat Koordinasi Tanggap Bencana Pasca Gempa Bumi bersama Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Letjen TNI Suharyanto,  mengungkapkan percepatan tanggap bencana telah dilakukan, meliputi pemenuhan kebutuhan logistik, mulai dari rmakanan, kesehatan dan peralatan tidur bagi penyintas.

 

“Jadi yang sudah dilakukan adalah Tagana menyiapkan dapur umum. Termasuk kebutuhan seperti tenda dan tim medis sudah dilakukan. Bahkan mengirim tambahan logistik serta tim dari BPBD Jatim dan relawan untuk membantu proses pemulihan pasca bencana,” kata Adhy dalam rapat yang turut dihadiri Bupati Gresik Fandi Akhmad Yani, Bupati Lamongan Yuhronur Efendi dan Wali Kota Surabaya yang diwakili Asisten 1 Kota Surabaya Erna Purnawati di Kantor Bupati Gresik, Senin (25/3/2024).

Baca Juga:  Dunia Ramai Serang Kebijakan Jokowi Soal Nikel

 

Adhy menandaskan, agar ketersediaan logistik tercukupi, Pemprov Jatim telah mengirim sejumlah bahan logistik dan personil dari BPBD untuk terjun ke lokasi melakukan assesmen. “Siang ini, kapal kembali berangkat dari Pelabuhan Tanjung Perak membawa seluruh bantuan dan personil,” ujarnya.

 

Selain itu, Pemprov Jatim bersama pemangku kepentingan lainnya akan segera melakukan assesmen di tujuh daerah yang terdampak gempa, yaitu Kabupaten Gresik, Tuban, Lamongan, Pamekasan, Bojonegoro, Sidoarjo dan Kota Surabaya. Adhy menjelaskan di tujuh daerah tersebut terdata sebanyak 2.573 unit rumah mengalami kerusakan ringan, 1.332 unit rumah rusak sedang dan 774 rumah rusak berat.

 

Gempa yang berpusat dari 130 kilometer Timur Laut wilayah Tuban itu juga merusak sebanyak 91 unit sekolah, 5 unit rumah sakit, 24 unit gedung perkantoran, 183 unit tempat ibadah, 1 unit kandang ternak dan 3 unit sepeda motor.  “Khusus perbaikan rumah atau bangunan milik masyarakat, Pemprov Jatim akan memberikan bantuan stimulan berupa semen dan atap. Selain itu, masing-masing warga terdampak di tiap kabupaten/kota mendapat bantuan renovasi rumah untuk rekonstruksi akibat gempa kategori berat senilai Rp60 juta, rumah kategori sedang Rp30 juta dan kategori ringan Rp15 juta,” ucap Pj Gubernur Adhy.(Vin)

Baca Juga:  Kadin Jatim: Langkah Pemerintah Atur Social Commerce Sudah Tepat

 

 

Terkini

Kiai Bertutur

E-Harian AULA