Search

Menhub Imbau Warga Mudik Lebaran Lebih Awal

Majalahaula.id – Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengimbau masyarakat melaksanakan mudik Lebaran 2024 lebih awal. Hal itu guna mengantisipasi kepadatan saat arus mudik.

 

“Berkaitan dengan puncak mudik yang tadi disampaikan oleh Pak Menko PMK itu mulai H-4, tapi kalau hari ke 4, 3, 2, 1, itu akan tinggi sekali (jumlah masyarakat yang mudik),” kata Budi Karya usai menghadiri rakor lintas sektoral persiapan Ops Ketupat 2024 di Hotel Bidakara, Jakarta Selatan, Senin (25/3/2024).

 

“Oleh karenanya, kita mengimbau sebagian anak-anak yang sudah libur bisa mudik lebih awal,” tambahnya.

 

Budi juga mengimbau masyarakat tidak mudik menggunakan sepeda motor. Dia berharap masyarakat memanfaatkan program mudik gratis yang diselenggarakan berbagai instansi.

Baca Juga:  Ansor Surabaya Sediakan Wifi Gratis untuk Siswa Sekolah

 

“Kita imbau kiranya tidak mudik menggunakan motor, karena sangat bahaya apalagi, Polri, BUMN, TNI juga banyak yg berikan mudik gratis, gunakan dengan baik,” imbaunya.

 

Sebelumnya diberitakan, Budi Karya menyebut jumlah pemudik 2024 akan mengalami kenaikan yang signifikan. Dia mengatakan kenaikan angka jumlah pemudik mencapai 50 persen.

 

“Memang tahun ini survei menunjukkan bahwa kenaikan luar biasa naiknya 50 persen dari tahun lalu,” kata Budi Karya dalam rapat koordinasi angkutan mudik Lebaran 2024 di Pelabuhan Merak, Banten, Sabtu (23/3/2024).

 

Budi menjelaskan ada sekitar 193 juta pemudik pada tahun ini. Meningkat pesat dari jumlah pemudik tahun lalu yang berjumlah 120 juta.

Baca Juga:  Risma Beri Bantuan Keluarga KPPS yang Meninggal

 

Dia juga menyampaikan puncak arus mudik bakal terjadi mulai H-4 jelang Lebaran. “Kita ngomong mudik H-2 atau 3 atau 4 itu akan menjadi puncak,” terangnya. (Hb)

Terkini

Kiai Bertutur

E-Harian AULA