Search

GP Ansor Karangampel Ziarah Makam Wali di Jawa Barat

Majalahaula.id – Pimpinan Anak Cabang (PAC) Gerakan Pemuda (GP) Ansor Karangampel berziarah ke makam walliyullah yang ada di Jawa Barat, pada Sabtu (16/3/2024). Tak  hanya itu, mereka juga memiliki sejumlah program di bulan ramadhan seperti kegiatan ngaji pasaran yang dilaksanakan secara online.

 

Adapun lokasi ziarah GP Ansor Karangampel antara lain Sinuhun Kanjeng Syekh Gunung Djati Cirebon, Syekh Mukhyidin di Pamijahan, Syekh Panjalu Ciamis. Setelah itu, ziarah dilanjut ke Makam Syekh Quro yang konon banyak literasi dituliskan sebagai tokoh penyebar agama Islam di wilayah Karawang, juga menjadi cikal bakal lahirnya Sinuhun Kanjeng Sunan Gunung Djati.

 

Perjalan dilanjutkan ke makam Kiai Syakir yang makamnya berada di komplek perumahan Bumi Patra Balongan. Kiai Syakir sendiri adalah putra Sayyidi Syekh Sama’un yang makamnya berada di Desa Dadap Kecamatan Juntinyuat Kabupaten Indramayu.

Baca Juga:  Pemkab Muara Enim Dukung Rencana NU Gelar Harlah

 

Pasca berziarah ke Kiai Syakir, rombongan mengakhiri kegiatan ziarah dengan mengunjungi makam Sayyidi Syekh Sama’un yang berada di Dadap. “Kegiatan ini bertujuan untuk berdoa melalui wasilah di tempat orang orang Sholeh yang mana kegiatan ini pun menjadi tradisi warga NU,” jelas Ketua GP Ansor Karangampel Trifald.

 

Ia menyebutkan bahwa selain itu kegiatan ini juga untuk menyatukan dan menambahkan niat para kader Ansor Banser untuk berkhidmat dengan ikhlas di organisasi ini. “Alhamdulillah, pembiayaan kegiatan ziarah ini hasil iuran para anggota selain untuk biaya transport juga untuk sahur bersama kader yang ikut,” tandasnya.(Vin)

Terkini

Kiai Bertutur

E-Harian AULA