Search

90 UMKM Yosowilangun Ramaikan Buyos Ramadan Festival

Majalahaula.id – Sebanyak 90 UMKM lokal di Jalan Sulawesi RT 3 RW 9, GKB, Yosowilangun ramaikan Buyos Ramadan Festival. Program yang digagas Pemerintah Desa Yosowilangun itu berlangsung selama 27. Dibuka langsung oleh Camat Manyar, Zainul Arifin, didampingi Kepala Desa Yosowilangun, H. Abdur Rosyid, beserta perangkat RT, RW.

Kepala Desa Yosowilangun, H. Abdur Rosyid mengungkapkan, Buyos Ramadan Festival digelar dengan tujuan untuk menggali potensi UMKM milik warga Desa Yosowilangun.

“Selain itu, bazar ini juga diharapkan dapat membantu para pelaku UMKM untuk mengeksplor karya mereka dan berani memasarkan produknya secara langsung kepada masyarakat,” ujar Abdur Rosyid.

Lebih lanjut, Abdur Rosyid mengaku akan melakukan evaluasi setiap minggu maupun setelah acara selesai. Rencananya, kegiatan bazar akan kembali diadakan setiap Minggu pagi atau Sabtu malam usai Ramadan.

“Sebagian besar UMKM yang berpartisipasi dalam bazar ini telah mengantongi PIRT dan NIB, serta dilengkapi dengan sertifikat halal. Mereka adalah UMKM yang sudah terdaftar di Desa,” imbuh Abdur Rosyid.

Baca Juga:  Gelar PeaceSantren, Kemenag Tebar Pesan Damai Bareng Santri di Bulan Ramadlan

Camat Manyar Zainul Arifin mengatakan, bazar Ramadan ini selaras dengan program pemerintah Kabupaten Gresik. Dimana membantu para pelaku UMKM agar tidak mengganggu kepentingan lalu lintas. Zainul berharap, kegiatan ini dapat berkelanjutan di tahun mendatang dan menginspirasi desa-desa lain untuk mengadakan kegiatan serupa.

“Sentra kuliner takjil buka puasa seperti ini diharapkan dapat menjadi solusi agar pedagang tidak berjualan secara liar di pinggir jalan,” ujarnya.

Pada pembukaan bazar, panitia menyediakan kupon bagi tamu undangan, selain itu para warga juga bisa melakukan transaksi secara tunai, hal ini dilakukan untuk membantu para UMKM dalam meningkatkan penjualan mereka.

Bazar takjil ini buka setiap hari mulai sore hari hingga menjelang waktu salat tarawih. Kehadirannya disambut antusias oleh warga Yosowilangun, baik warga asli maupun pendatang. Produk yang ditawarkan pun beragam, mulai dari takjil khas Ramadan, makanan siap saji, hingga pakaian.

Terkini

Kiai Bertutur

E-Harian AULA