Search

Pemkab Kutai Kartanegara Ajak NU Perkuat Sinergi

Majalahaula.id – Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar), Kalimantan Timur (Kaltim) berharap agar Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) setempat mulai memikirkan aspek kebermanfaatan organisasi secara strategis dalam ruang sosial ekonomi. Dengan demikian, keberadaan jamiyah atau organisasi akan semakin dirasakan manfaatnya oleh jamaah yakni masyarakat, khususnya warga Nahdlatul Ulama (Nahliyin).

“Apalagi, dengan adanya kiai-kiai NU yang menjadi patron bagi masyarakat. Kedudukannya di pondok-pondok pesantren, maupun mengelola majelis-majelis taklim, dapat menjadi motor penggerak dalam upaya membesarkan jamiyah NU dalam ruang gerak sosial dan ekonomi,” kata Staf Ahli Bupati Kukar Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Masyarakat Didi Ramyadi, bebebrapa waktu berselang.

 

Penegasan tersebut disampaikannya saat menghadiri Pendidikan Dasar Pendidikan Kader Penggerak Nahdlatul Ulama (PD-PKPNU) di Pondok Pesantren Ilmu Al-Qur’an (PPIQ) Miftahul ‘Ulum Kelurahan Mangkurawang Tenggarong.

Baca Juga:  Haul ke-14 Gus Dur di Jombang Tak Kalah Meriah

Disampaikannya, bahwa warga NU berasal dari berbagai kalangan, yakni ulama, birokrat, politisi, ASN, pendidik, maupun pelaku usaha makro/mikro. Dengan beragamnya latar belakang dari warga dan pengurus NU itulah, maka menjadi sangat relevan untuk terus memberikan perhatian kepada mereka.

Dikatakannya bahwa semua potensi sumber daya manusia NU ini harus segera dimanfaatkan dengan baik agar seluruh komponen dapat bergerak secara sinergis dalam satu tarikan nafas yang sama pada aspek fikrah, amaliah dan harakah. “Kita yakini, NU adalah jamiyah besar. Oleh karenanya, kita semua patut berbangga,” ujarnya.

Lebih lanjut disampaikan bahwa Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara sangat merasa terhormat dapat menjadi bagian yang tidak terpisahkan bersama NU secara kelembagaan. “Pada prinsipnya Pemkab Kukar sangat mendukung upaya pembangunan kemasyarakatan yang menopang kesejahteraan dan kebahagian masyarakat secara lahir dan batin, di mana hal ini menjadi bagian dalam visi dan misi Kukar Idaman,” terang dia. (Ful)

Baca Juga:  LPTQ Kota Semarang Raih Skor Tertinggi di MTQ XXIX Tingkat Provinsi Jawa Tengah

 

Terkini

Kiai Bertutur

E-Harian AULA