Search

Yayasan Nurul Islam Pasirian Adakan Pelatihan Manasik Haji

Majalahaula.id – Yayasan Nurul Islam Selok Awar-Awar Pasirian mengadakan kegiatan pelatihan manasik haji di halaman TK Muslimat NU 11 Pasirian, Lumajang (03 Februari 2024).

Kegiatan tersebut merupakan salah satu agenda rutin tahunan Yayasan Nurul Islam Selok Awar-Awar Pasirian yang diikuti oleh seluruh lembaga baik TK Muslimat NU 11 Pasirian, MI Nurul Islam Selok Awar-Awar, dan MTs Nurul Islam Selok Awar-Awar.

Kepala Badan Pelaksana Penyelenggara Pendidikan Ma’arif NU (BP3MNU), H. Abdul Hamid, menyambut baik kegiatan yang dikhususkan untuk memberikan pengenalan sejak dini.

“Kegiatan manasik haji ini merupakan latihan atau seolah-olah kita melaksanakan ibadah haji sebagai wahana pengenalan lebih dini kepada anak-anak,” tegasnya.

Baca Juga:  Pemulangan Baru Dimulai, 17 Haji Asal Jatim Wafat di Tanah Suci

Hamid juga mengungkapkan bahwa ibadah haji merupakan salah satu Rukun Islam kelima yang wajib dilaksanakan setiap muslim yang memiliki kemampuan, baik fisik, materi, dan lain sebagainya.

“Maka dengan kegiatan ini sudah cukup baik, karena sejak di usia dini siswa di sini sudah diperkenalkan dan diajarkan tentang tata cara dalam menjalankan ibadah haji mulai dari rukun dan syarat-syaratnya,” jelasnya.

Siswa terlihat sangat bersemangat dan antusias dalam mengikuti kegiatan ini dengan mengenakan pakaian serba putih. Kemudian, para siswa belajar tata cara ibadah haji yang dipandu oleh salah satu dewan guru yang dimulai dari bacaan niat Ihram, Thawaf, Sa”i serta rukun dan syarat ibadah haji lainnya.

Baca Juga:  Respons Kemendikbudristek soal 30 Sekolah Terafiliasi Khilafatul Muslimin

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Ketua Ranting NU Selok Awar-Awar, Pengawas IGTKI Kecamatan Pasirian dan Seluruh Jajaran Pengurus Yayasan Nurul Islam Selok Awar-Awar.

Terkini

Kiai Bertutur

E-Harian AULA