Search

Agus Harimurti Yudhoyono Berpeluang Gantikan Mahfud MD

Agus Harimurti Yudhoyono
Agus Harimurti Yudhoyono

Majalahaula.id – Pengamat politik Universitas Paramadina Ahmad Khoirul Umam memprediksi, Presiden Joko Widodo bakal memasukkan kader Partai Demokrat ke dalam kabinet setelah Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD mundur.

 

Menurut Umam, bukan tidak mungkin Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) mengisi kursi menko polhukam yang ditinggalkan oleh Mahfud. “Jika Demokrat diminta Presiden Jokowi untuk membantu di pemerintahan, kemungkinan besar AHY yang selama ini diklaim sebagai salah satu kader terbaik dan ketum partainya,” kata Umam, Kamis (01/02/2024).

 

“Selain itu, posisi menko polhukam juga rasanya cukup adil dan bergengsi sebagai kompensasi bagi Demokrat selaku partai yang memiliki jumlah kursi yang lebih besar dari PKS, PAN, dan PPP saat ini,” imbuh dia.

Baca Juga:  Enny Nurbaningsih Bentuk Majelis Kehormatan MK

 

Ia menyebutkan, tanda-tanda Jokowi merekrut kader Demokrat ke kabinet sudah terlihat saat Jokowi dan AHY bersepeda lalu sarapan bersama di Yogyakarta akhir pekan lalu. Umam berpandangan, dalam situasi politik yang penuh gonjang-ganjing ini, Jokowi tampaknya bakal mengambil menteri dari elemen politik ketimbang kalangan profesional. Sebab, Jokowi membutuhkan kekuatan politik di pemerintahan mengantisipasi isu mundurnya para menteri yang bisa mengganghu stabilitas pemerintah. “Di sisa pemerintahannya, Jokowi tentu butuh soft landing, yang semua itu bisa dilakukan dengan backup kekuatan politik yang lebih kokoh, pascapilpres nanti,” kata Umam.

 

Di samping itu, Umam menilai, Jokowi patut memberi ruang kepada Demokrat yang ikut mengusung pasangan calon presiden dan wakil presiden nomor urut 2, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming. “Menjadi kurang adil jika Koalisi Indonesia Maju menuntut Demokrat benar-benar all out ikut mempertahankan narasi 02, sementara Demokrat dibiarkan menjadi satu-satunya partai politik elite Senayan di koalisi 02 yang tidak diberi ruang di pemerintahan,” kata dia.

Baca Juga:  Rieke Diah Pitaloka Rilis Single Perdana Nuansa Religi

 

Diberitakan, Mahfud kembali menegaskan bahwa ia bakal mundur dari jabatan Menko Polhukam. Mahfud bilang, dirinya hendak berpamitan secara baik-baik ke Presiden Joko Widodo. Oleh karenanya, Mahfud telah menyiapkan surat pengunduran diri. Belum tahu apakah mundurnya Mahfud akan diikuti meteri lain. (Ful)

Terkini

Kiai Bertutur

E-Harian AULA