Search

PBNU Sosialisasi Implementasi Sistem Pendidikan NU di Sumut

Majalahaula.id – Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) bekerjasama dengan Universitas Islam Negeri Sumatera Utara (UIN SU) Medan melakukan sosialisasi Implementasi Sistem Pendidikan Nadhlatul Ulama (NU) di Wing Hotel, Jalan Alteri Kualanamu, Deliserdang Minggu (21/01/2024).

Wakil Ketua Umum PBNU, Prof Dr KH Nizar Ali, MAg menyampaikan, sosialisasi Implementasi Sistem Pendidikan NU bertujuan untuk bagaimana sistem pendidikan mengatur pengelolaan pendidikan secara jelas.

“Melalui sosialisasi ini PBNU memiliki landasan yang kuat salam pengelolaan pendidikan di Lingkungan Perkumpulan NU. Selain itu, hasil sosialisasi ini dijadikan payung hukum dalam pengelolaan pendidikan,” kata Nizar Ali.

Disebutkan Nizar Ali, Sistem Pendidikan NU ini sudah disahkan dalam Konferensi Besar NU di Jakarta. “Hari ini dilakukan sosialisasi untuk impelementasinya dalam sistem pendidikan NU”.

Baca Juga:  Dinas Pendidikan Diminta Lakukan Aktivasi PIP

Diharapkan peserta sosialisasi dapat membaca dan memahami draf sistem pendidikan NU demi kesempurnaan sistem pendidikan NU ke depan.

Sebelumnya Ketua Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Sumut, Dr H Marahalim Harahap M Hum, mengatakan, PWNU Sumut bangga dijadikannya Sumatera Utara sebagai tempat pelaksanaan kegiatan PBNU, yakni sosialisasi Impelementasi Sistem Pendidikan Nahdlatul Ulama.

“PWNU Sumut menyambut baik agenda PBNU di Sumatera Utara untuk kebaikan jamiah Nahdlatul Ulama”, kata Marahalim.

Sebagai Panitia kegiatan ini adalah Lembaga Perguruan Tinggi Nahdlatul Ulama (LPTNU).

Disebutkan Marahalim, PWNU sebagai induk organisasi siap mendukung kegiatan yang dilakukan oleh Lembaga NU.

“Sosialisasi ini ditanggungjawabi oleh LPTNU, dan PWNU memberikan dukungan penuh untuk kesuksesan acara ini,” ujar Marahalim.

Baca Juga:  Siap Bersaing: Guru SMK Abdurrahman Wahid Perkuat IT

Penanggungjawab Sosialisasi Impelementasi Sistem Pendidikan Nahdlatul Ulama Prof Dr KH Zainal Abidin Rahawarin, MSi mengatakan, latar belakang munculnya sistem pendidikan NU ini muncul dari para pengurus PBNU. Sistem pendidikan nasional ini baru dilakukan perkumpulan NU yang akan dijadikan rujukan bagi pendidikan nasional.

Sosialisasi ini sudah dilakukan bekerjasama dengan UIN Malang, UIN Makasan dan UIN Sumut. Dari sosialisasi ini muncul beberapa catatan untuk direkomendasi dalam penyempurnaan Sistem Pendidikan Nahdlatul Ulama. Sehingga diharapkan seluruh jajaran NU sudah siap untuk melaksanakan sistem pendidikan yang sudah ditetapkan.

Sementara, Ketua LPTNU PWNU Sumut, Prof Dr Hj Nurhayati MAg sebagai Ketua Panitia kegiatan sosialisasi menyampaikan ucapan selamat datang kepada rombongan PBNU yang hadir di Sumut.

Baca Juga:  SMK PGRI 2 Ponorogo Kunjungan Industri ke AMG

“LPTNU PWNU Sumut menyambut baik sosialisasi ini, karena akan lebih jelas sistem pendidikan di perkumpulan NU, sejalan dengan pertumbuhan perguruan tinggi NU atau yang berapiliasi dengan NU,”.

Prof Nurhayati berharap, melalui sosialisasi ini diperoleh kontribusi terbaik untuk penyempurnaan sistem pendidikan NU, dan membawa pengaruh yang baik bagi Universitas Nahdlatul Ulama Sumatera Utara (UNUSU), ITS NU Padangsidimpuan dan perguruan tinggi lainnya yang dikelola NU.

 

Terkini

Kiai Bertutur

E-Harian AULA