Search

Tri Rismaharini Desain Rumah Antigempa

Majalahaula.id – Menteri Sosial (Mensos) RI ini mendesain rumah untuk para pilar sosial yang telah membantu para korban terdampak gempa di Cianjur, Jawa Baratpada 2022. Pada kesempatan tersebut juga berbarengan dengan menyerahkan bantuan yang dilakukan pada Jumat (12/01/2024).

“Saya terenyuh mendengar keadaan 10 pilar sosial yang rumahnya luluh lantak karena gempa bumi. Meski rumah mereka hancur, tapi mereka tetap mengutamakan membantu masyarakat di kala bencana,” katanya dalam keterangannya di Jakarta, Sabtu (13/01/2024).

Risma yang juga arsitek lulusan Institut Teknologi Sepuluh November (ITS) Surabaya, juga mendesain sendiri rumah yang diberikan kepada para pilar sosial dengan konstruksi antigempa.

Untuk fondasi bangunan, termasuk batu bata yang digunakan, secara khusus buatan para korban gempa Cianjur. Dalam batu bata tersebut terdapat lubang untuk dimasukkan besi, sehingga semen tidak lagi diperlukan untuk membangun rumah ini. Besi-besi itulah yang akan membuat rumah tetap kokoh meski terjadi gempa.

Baca Juga:  KH Muhammad Cholil Nafis Pertanyakan Pesantren Teroris

Ia menyebutkan desain rumah ini wujud kepedulian Kemensos yang berkolaborasi dengan yayasan dan lembaga untuk membantu para pelaku pilar sosial yang selama ini telah banyak membantu penanganan dampak bencana tetapi masih kurang diapresiasi, karena sesuai peraturan, para pilar sosial ini tidak dapat menerima bantuan dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN).

“Pilar-pilar sosial ini yakni Taruna Siaga Bencana (Tagana), pendamping Program Keluarga Harapan (PKH) dan yang lainnya itu menerima gaji dari APBN. Sesuai aturan, penerima gaji dari APBN tidak boleh menerima bantuan yang berasal dari APBN juga. Makanya bagaimana caranya untuk membantu anak-anak saya ini Meski ada uang pun, saya tetap tidak bisa,” ujar dia.

Baca Juga:  Tri Rismaharini Rayu Penduduk Desa

Untuk itu, Mensos Risma menggandeng lembaga Kitabisa.com serta Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih (YPP) SCTV dan Indosiar untuk merenovasi dan membangun ulang rumah pilar-pilar sosial yang terdampak bencana.

Dari 10 rumah pilar sosial yang terdampak gempa, lima rumah diperbaiki dan dibangun ulang oleh Kitabisa.com, sedangkan lima lainnya direnovasi atau dibangun ulang oleh YPP. (Ful)

Terkini

Kiai Bertutur

E-Harian AULA