Search

Juru Bicara Menhan Beri Literasi Pertahanan ke Pesantren

Majalahaula.id – Juru bicara Menteri Pertahanan Republik Indonesia Dahnil Anzar Simanjuntak memberikan literasi pertahanan ke Pesantren Wali Barokah Kediri, Jawa Timur, sehingga pesantren menjadi berdaya baik ketahanan pangan, ekonomi hingga budaya.

“Kami ingin memastikan literasi pertahanan ini ke lingkungan pesantren, dengan kiai. Jadi, wacana pertahanan itu tidak lagi sekadar di militer tapi juga terkait dengan wacana ketahanan lainnya termasuk ketahanan pangan, ekonomi, kebudayaan, agama dan lain sebagainya,” kata Dahnil Anzar Simanjutak di Kediri, Senin.

Ia mengatakan, pesantren bisa menjadi simbol, mendorong pesantren untuk mengembangkan sektor lain misalnya pertanian. Terdapat filosofi dengan menanam, merawat akhirnya bisa memanen, sehingga hal itu harus ditanamkan ke santri.

Baca Juga:  Majelis Masyayikh: Pesantren Harus Punya Standar Mutu

“Sehingga santri senang dengan sektor pertanian, apalagi itu hidup matinya suatu angsa di masa depan dari sektor pangan,” kata dia.

Menurut dia, peran santri sangat penting dalam ikut mempertahankan NKRI. Kemerdekaan yang diraih saat ini juga melibatkan kelompok santri, pesantren, bahkan TNI lahir dari rahimnya seorang santri.

“Jenderal Soedirman adalah santri. Maka simbolisasi pertahanan untuk Indonesia harus didekatkan dengan santri pondok pesantren, dengan kiai karena itu ruh. TNI juga harus dekat, wajib dengan santri, karena spiritnya seperti itu. Beliau TNI lahir dari rahim santri,” kata dia.

Kementerian pertahanan, kata dia, mempunyai komitmen yang kuat untuk terus mengajarkan tentang kebangsaan ke semua lini termasuk ke santri dengan pendidikan bela negara.

Baca Juga:  PP Nurud Dhalam Bondowoso Edukasi Santri Jadi Pengusaha

Dalam kesempatan ini, ia juga bedah buku “Politik pertahanan”. Buku itu dibuatnya, berisi tentang pertahanan negara disertai dengan analisa perkembangan pertahanan negara yang mampu menjawab kurangnya pemahaman masyarakat tentang pertahanan negara.

The post Juru Bicara Menhan Beri Literasi Pertahanan ke Pesantren appeared first on Aulanews.

Terkini

Kiai Bertutur

E-Harian AULA