Search

Koleksi Mahasiswa Desain Mode di Peragaan Busana Internasional

Universitas Negeri Malang tampilkan 8 koleksi fashion di peragaan busana internasional
Universitas Negeri Malang tampilkan 8 koleksi fashion di peragaan busana internasional (Foto: Istimewa)

Majalahaula.id – Dua mahasiswa prodi Desain Mode Fakultas Vokasi, Universitas Negeri Malang (UM), terpilih untuk menampilkan karyanya dalam perhelatan modest fashion terbesar di Indonesia, yaitu Indonesia International Modest Fashion Festival (IN2MF) 2023.

Ajang skala internasional yang bertujuan mendukung terwujudnya Indonesia sebagai pusat modest fashion global ini, tak hanya diikuti oleh para desainer dan jenama kenamaan dalam negeri.

Ada juga desainer dari mancanegara, mulai dari Malaysia, India, Jepang, Kuwait, Algeria, Maroko, Dubai, London, Paris, hingga Amerika Serikat.

Untuk mengikuti peragaan busana ini, UM melakukan proses kurasi terhadap karya para mahasiswa prodi Desain Mode. Terpilih Nindiera, mahasiswa semester satu dan Shofi, mahasiswa semester tiga yang dinilai memiliki bakat, keahlian, dan cerdas berkomunikasi sebagai perwakilan UM untuk menunjukkan rancangannya di panggung IN2MF 2023.

Baca Juga:  Tunjangan Profesional Guru PAI Non PNS Segera Cair

Kolaborasi dari talenta dua mahasiswa ini menghasilkan koleksi bertema VALIANT yang bermakna keberanian.

Dalam keterangan resmi, Minggu (26/11/2023), terdiri dari 8 look, koleksi ini terinspirasi dari insecta daun berjalan yang memiliki kemampuan untuk menyesuaikan warna. Sehingga memberikan pesan dalam kehidupan untuk saling menyesuaikan, menghargai, dan beradaptasi sesuai dengan lingkungan.

Koleksi bergaya edgy ini menampilkan padu-padan antara blus, dress, rok, cape, dan aksesori pendukung lainnya dalam permainan warna komplementer biru dan hijau.

Detail yang diaplikasikan pada koleksi ini menarik perhatian dengan mengekspos layer yang atraktif dan ornamen quilt dari bahan taffeta, patchwork, pleat, dan sashiko pada bagian belakang.

Bahan yang digunakan juga beragam, salah satunya adalah eksplorasi material denim untuk mengangkat sisi sustainability. Partisipasi di perhelatan IN2MF 2023 ini menjadi titik awal prodi Desain Mode UM untuk menampilkan karya di kancah nasional bahkan skala internasional. Melalui keikutsertaan ini diharapkan para mahasiswa desain mode sebagai generasi penerus dalam industri fashion di tanah air menjadi tertantang untuk terus berkreasi dan mengikuti berbagai event fashion di tingkat nasional hingga internasional.

Terkini

Kiai Bertutur

E-Harian AULA