Search

Tekad NU Lhokseumawe, Sempurnakan Kepengurusan

Majalahaula.id – Pengurus Cabang Nahdatul Ulama (PCNU) Lhokseumawe, Aceh menggelar rapat kerja untuk menyempurnakan kepengurusan Majelis Wakil Cabang Nahdlatul Ulama (MWCNU) tingkat kecamatan se-Kota Lhokseumawe. Kegiatan tersebut dberlangsung di Coffee Time, Lhokseumawe, Selasa (07/11/2023).

“Rapat kerja ini dihadiri oleh pengurus harian dan perwakilan MWCNU yang ada di seluruh Kota Lhokseumawe. Dengan demikian seluruh kawasan terwakili dan keinginan untuk melengkapi kepengurusan segera terwujud,” kata Ketua PCNU Kota Lhokseumawe, TgkMRizwan Haji Ali.

Dijelaskan pula bahwa tidak semata komposisi kepengurusan yang dbahas, juga masalah lain. Ada beberapa masalah yang dibahas, antara lain penyempurnaan kepengurusan tingkat kecamatan, program pengajian rutin di masjid, pendidikan fardhu ain untuk mahasiswa dan penguatan dayah dalam sesuai undang-undang pesantren. “Penyempurnaan kepengurusan tingkat kecamatan dilakukan sebagai upaya untuk menyusun roda organisasi NU di tingkat kecamatan,”ucap Tgk Rizwan.

Baca Juga:  Muslimat NU Sumut Lakukan Silaturahim ke Wali Kota Medan

Setelah seluruh kepengurusan di tingkat kecamatan terpenuhi, langkah berikutnya adalah mengajukan pengesahan sususnan pengurus. Pengesahan kepengurusan kecamatan atau MWCNU dilakukan oleh Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Aceh. “PCNU Kota Lhokseumawe melakukan pengusulan saja ke wilayah. Program yang lain ditetapkan adalah pendidikan fardhu ain untuk mahasiswa,” terang dia.

Hasil kajian PCNU Kota Lhokseumawe menunjukkan bahwa sebagian mahasiswa yang belajar di berbagai perguruan tinggi di Lhokseumawe pengetahuan fardhu ain mereka sangat terbatas. “Sudah menjadi kewajiban ulama untuk memberikan pendidikan agama bagi masyarakat, terutama kaum muda terdidik,”ungkap Tgk Rizwan.

Di sisi lain, NU juga siap memberikan rekomendasi kepada dayah atau pesantren yang berpaham Ahlussunah wal Jama’ah di Kota Lhokseumawe untuk kemudahan pendaftaran dayah di Kementerian Agama setempat. “Hal itu dalam rangka memberikan layanan kepada pesantren supaya terdaftar Kemenag sesuai prosedur yang ada,”ungkapnya didampingi Sekretaris PCNU Kota Lhokseumawe Tgk Ahmad Subhan. (Ful)

Terkini

Kiai Bertutur

E-Harian AULA