Search

Deretan Museum Terbaik di Jepang

Majalahaula.id – Jepang merupakan salah satu negara yang paling maju di dunia. Terbukti, di negara ini juga memiliki museum terbaik. Berikut 5 museum yang wajib Anda kunjungi saat berlibur di Jepang, yang dilansir dari Gaijinpot.com.

1. Kyoto Costume Institute

Kyoto Costume Institute adalah sebuah lembaga penelitian yang didirikan pada tahun 1978. Institut ini didedikasikan untuk melestarikan dan meneliti pakaian gaya Barat di Jepang.

Kini institut ini sudah menjadi lembaga penelitian mode global, yang menyimpan koleksi barang dari abad ke-17 hingga saat ini. Kyoto Institute Costume menyimpan koleksi desainer terkenal dan rumah mode, seperti Comme des Garçons dan Channel.

Meskipun Kyoto Institute Costume merupakan lembaga penelitian mode, namun institut ini juga mengadakan pameran di galeri kecil yang menampilkan 12.000 koleksi itemnya.

Lokasi: 103 Shichi-jo Goshonouchi, Shimogyo-ku, Kyoto. Institut ini buka mulai pukul 9.30-17.30 waktu setempat

Baca Juga:  Menerawang Beningnya Kedalaman Taman Laut Olele, Gorontalo

2. Museum Mode Kobe

Museum Mode Kobe adalah museum publik pertama di Jepang yang dikhususkan untuk fashion. Dibuka pada tahun 1997, museum ini didedikasikan untuk daya tarik dan pentingnya gaya sebagai bagian integral dari budaya manusia dan mempromosikan budaya dan industri mode.

Koleksi museum terdiri dari ribuan pakaian Barat dari abad ke-18 hingga ke-20 dan kostum rakyat dari lebih dari 70 negara, yang dipajang di manekin modern. Selain itu, museum ini juga mengoleksi foto fesyen, poster film, dan perpustakaan dengan buku, majalah, dan film.

Museum ini juga mengadakan pameran khusus yang berfokus pada kostum pernikahan.
Lokasi: 2-9-1, Koyocho-naka, Higashinada, Kobe. Museum ini buka mulai pukul 10.00-18.00 waktu setempat.

3. Bunka Gakuen Costume Museum

Bunka Gakuen Costume Museum dibuka pada tahun 1979. Museum ini berafiliasi dengan Bunka Gakuen Educational Foundation, yang juga mencakup lembaga pendidikan mode dan lembaga penelitian mode

Baca Juga:  3.000 Turis Malaysia Ditargetkan Kunjungi Indonesia

Pakaian museum ini disimpan untuk tujuan pendidikan, namun kini dipajang untuk umum. Bunka Gakuen awalnya menyimpan koleksi untuk memberikan pendidikan tentang westernisasi pakaian.

Koleksi awal museum ini sebagian besar terdiri dari pakaian Jepang yang bergaya Barat, gaun Eropa, dan kimono. Seiring berjalannya waktu, museum ini mengoleksi pakaian dari berbagai budaya.

Lokasi: 3-22 Yoyogi, Shibuya-ku, Tokyo. Museum ini buka pukul 10.00-16.30 waktu setempat.

4. Costume Museum Kyoto

Museum kecil ini dibuka pada tahun 1974 untuk memamerkan evolusi pakaian Jepang, mulai dari sejarah awal Jepang hingga era modern

Sejak tahun 1988, pameran museum ini berfokus pada kostum dan gaya hidup pada periode Heian (794-1185). Pakaian dan adat istiadat zaman Heian dipamerkan melalui model Kisah Genji dan boneka-boneka yang mengenakan kostum zaman mewah dan berwarna.

Baca Juga:  Dewa 19 Jadi Duta Pariwisata Tiga Gili

Salah satu daya tarik museum ini adalah pengunjung bebas memotret seluruh koleksi yang ada di museum ini

Lokasi: 600-8468 Hanayacho, Shimogyo Ward, Kyoto. Museum ini buka mulai pukul 10.00-17.00 waktu setempat.

5. Upopoy (National Ainu Museum and Park)

Dibuka pada tahun 2020, Upopoy museum di Hokkaido yang didedikasikan untuk mempromosikan budaya masyarakat adat Ainu.

Museum ini didesain dan didekorasi dengan pola sulaman tradisional Ainu. Upopoy museum mengoleksi kostum tradisional Ainu yang menarik.

Di luar Museum Nasional, ada taman terbuka dengan beberapa fasilitas. Di sini, pengunjung dapat melihat sulaman Ainu dan mengikuti lokakarya. Menariknya, pengunjung bisa belajar sejarah mode yang tidak begitu terkenal.

Lokasi: 2-3 Wakakusa-cho, Shiraoi Town, Shiraoi District Hokkaido. Museum ini dibuka untuk umum mulai pukul 09.00-17.00 waktu setempat.

Terkini

Kiai Bertutur

E-Harian AULA