Search

Ansor dan Pemkab Gorontalo Adakan Lomba Sepak Bola Sarung

Majalahaula.id – Kebersamaan terjalin antara Pemerintah Kabupaten Gorontalo dan tim Pimpinan Cabang (PC) Gerakan Pemuda (GP) Ansor setempat. Yang dilakukan adalah dengan menyelenggarakan lomba sepak bola sarung yang dilaksanakan di halaman Rumah Dinas Bupati Kabupaten Gorontalo sekaligus peringatan Hari Santri 2023, Senin (23/10/2023).

Tim dari Pemerintah Kabupaten Gorontalo diperkuat oleh Bupati Gorontalo, Nelson Pomalingo sementara tim GP Ansor diperkuat oleh anggota DPRD Jayusdi Rivai. Uniknya, dalam pertandingan persahabatan ini hanya diikuti oleh tiga orang dalam setiap tim yang itu pula tanpa ada penjaga gawang. Permainan pun berlangsung di jalan beraspal.

Bagi Bupati Nelson, bola sarungan ini cukup sederhana, meski dilahan yang terbatas, tidak butuh persiapan yang banyak, namun memiliki esensi yang bagus. Bahagia dan silaturahim terjaga. “Unik dan cukup sederhana dan tidak butuh persiapan banyak. Tetapi paling penting ada esensinya,” katanya.

Baca Juga:  Optimis jadi Juara Umum MTQ ke-29 Jateng

Tujuan permainan ini tidak jauh berbeda dengan jenis permainnan bola sepak lainnya seperti halnya futsal dan sepak bola. Yaitu membuat kemengan dengan bagaimana mengolah bola kerja sama dengan pemain kawan agar mencetak gol sebanyak-banyaknya. Tetapi permainan ini dilaksanakan dengan lebih mengedepankan sisi hiburannya dan terkesan lucu. “Bagaimana seorang pemain sepak bola sarung ini dibatasi geraknya dalam mengolah bola dengan menggunakan sarung,” kata dia.

Tujuan lainnya pelaksanaan sepak bola sarung ini karena sebagian besar ialah diadakan pada saat bertepatan dengan peringatan HUT Republik Indonesia. “Juga dimaksudkan mengadakan silaturahim di antara warga, misalnya pertandingan antarwarga komplek yang jarang bertemu karena kesibukannya,” terangnya.

Baca Juga:  Wagub Lepas Jamaah Umrah Akbar Ansor Jatim

Pantauan selama permainan, masing-masing pemain akan sangat dibatasi gerakannya oleh sarung yang terpakai. Kadang pemain terjatuh ketika mengejar bola, terpeleset saat menendang bola karena bolanya sulit untuk dikuasai. (Ful)

Terkini

Kiai Bertutur

E-Harian AULA