Search

Yaqut Cholil Qoumas Pesan Memilih Calon Pemimpin

Majalahaula.id – Menteri Agama RI ini mengimbau para santri agar memilih calon pemimpin negeri yang memiliki rekam jejak baik.

Menurutnya, para santri di Indonesia sudah semestinya dapat menentukan calon pemimpin yang dapat menjawab tantangan berat ke depan.

“Harus pintar-pintar karena ini memilih pemimpin. Saya ulang kembali santri jangan pernah mau memilih pemimpin, jangan sampai memilih pemimpin yang hanya didasarkan pada penampakan fisik saja,” katanya saat melepas Jalan Santai Hari Santri 2023 di Surabaya, Jawa Timur, Sabtu (21/10/2023).

Gus Men, sapaannya, mengingatkan santri tidak boleh memilih calon presiden dan calon wakil presiden hanya karena janji-janji manis. “Kalau mau rekam jejak yang baik kita pernah menggunakan agama sebagai kuda tunggangan ya silahkan dipilih yang begitu. Memilih pemimpin ini juga yang serius. Yang cengengesan ya jangan lah. Masa calon pemimpin cengengesan. Jadi harus benar-benar orang yang siap betul karena tantangan ke depan ini luar biasa,” terangnya.

Baca Juga:  Margaret Aliyatul Maimunah Berikan Anugerah Fatayat NU

Menag Yaqut menuturkan hal ini sejalan dengan pernyataan Presiden Joko Widodo yang kerap disampaikan bahwa ke depan bukan lebih mudah tapi lebih menantang.

Berkaitan dengan Hari Santri yang jatuh setiap 22 Oktober, Gus Men menikai kegiatan ini patut dirayakan dengan riang gembira oleh para santri. Hal ini menunjukkan bahwa negara pemerintah mengakui perjuangan para santri dengan memberikan kado berupa Hari Santri. “Ini juga bukti bahwa santri selalu terlibat menjadi bagian setiap episode sejarah negeri ini. Momentum penting negeri ini selalu melibatkan santri. Dan itu saya kira momentum hari santri ini untuk mengingatkan bahwa setiap episode negeri selalu melibatkan santri,”urainya.

Jalan santai digelar dalam semarak Hari Santri sebagai ikhtiar menjaga kesehatan dan memberi nuasana kegembiraan.
Gus Men menegaskan termasuk pemilu yang pastinya melibatkan santri di seluruh Indonesia. Sedangkan gelaran acara ini diikuti oleh ribuan orang dan berlangsung meriah. Berbagai elemen masyarakat terlihat antusias mengikuti rangkaian jalan sehat tersebut, disamping memang panitia menyediakan aneka hadiah menarik bagi mereka yang beruntung. (Ful)

Terkini

Kiai Bertutur

E-Harian AULA