Search

Asma Nadia Dirugikan dengan Judul Film

Majalahaula.id – Penulis potensial ini merasa dirugikan dengan pemberian judul untuk film Air Mata di Ujung Sajadah. Judul film yang dibintangi oleh Titi Kamal itu dianggap mirip dengan karya novelnya, Cinta di Ujung Sajadah, yang sudah diterbitkan pada 2008.

Kehadiran film Air Mata di Ujung Sajadah memperkecil peluang Cinta di Ujung Sajadah diadaptasi menjadi sebuah film. “Saya pribadi merasa sangat dirugikan atas peristiwa ini. Sebab, novel Cinta di Ujung Sajadah, yang sebelumnya sangat diminati oleh berbagai produser, akan menjadi sulit untuk difilmkan mengingat sudah ada film dengan judul yang sangat serupa,” kata Asma dalam konferensi pers di Jakarta Selatan, Senin (16/10/2023).

Baca Juga:  Pangeran Mohammed bin Salman Siap Bangun Jalur Gaza

Pada Juli 2023, Asma Nadia sempat menghubungi produser film Air Mata di Ujung Sajadah, Ronny Irawan, untuk tak menggunakan judul tersebut. “Saya mengatakan kepada produser film terkait bahwa frase ‘di ujung sajadah’ pada judul film tersebut adalah frase yang secara persis terdapat pada judul novel saya,” lanjut Asma.

Namun, Ronny malah meminta Asma Nadia untuk mendaftarkan judul bukunya ke Pusbang. “‘Saran saya, Mbak bikin PT lalu registrasikan judulnya di Pusbang, Mbak.’ Ditutup ikon tangan punten,” ujar Asma.

Asma Nadia merasa miris dengan respons tersebut karena Ronny Irawan menormalisasi peristiwa serupa di masa mendatang. “Jika produser menganggap berhak mengambil judul apa saja yang tidak ada di Pusbang, maka semua penulis harus siap kehilangan hak mereka atas judul, sinopsis, dan lainnya,” kata Asma.

Baca Juga:  KH Ahmad Mustofa Bisri Perilaku Anak ke Orang Tua

Asma Nadia sendiri bukan penulis baru yang berkecimpung di dunia literasi dan perfilman. Beberapa karyanya seperti Surga Yang Tak Dirindukan, Jomblo Fi Sabillilah, dan banyak lainnya sudah pernah diadaptasi menjadi film layar lebar.

Film ini rupanya masih terus menambah daftar jumlah penontonnya. Terbaru, film sudah menembus angka 3 juta penonton lebih setelah 35 hari tayang. Hal itu disampaikan film ini melalui Instagram resmi Air Mata di Ujung Sajadah. Jumlah penonton film ini masih akan bertambah. Sebab film yang dibintangi Fedi Nuril ini masih tayang di bioskop. (Ful)

Terkini

Kiai Bertutur

E-Harian AULA