Search

Zaskia Adya Mecca Ingatkan Bahaya Penggunaan Earphone

Majalahaula.id – Anak pertama Zaskia Adya Mecca dan Hanung Bramantyo mengalami iritasi telinga karena terlalu lama menggunakan earphone. Menggunakan earphone untuk mendengarkan musik dari gadget memang sangat menyenangkan dan bisa membuat hati tenang. Akan tetapi, jika dilakukan secara berlebihan hal tersebut juga akan memberikan dampak buruk pada kesehatan telinga.

Hal inilah yang tengah dialami oleh anak perempuan Zaskia yang bernama Sybill, ia mengalami iritasi telinga setelah menggunakan earphone terlalu lama. Pengalamannya itu Zaskia bagikan di media sosial sekaligus untuk mengingatkan orang tua agar lebih berhati-hati dalam mengawasi anak-anaknya. “Bagus dan penting nih ceritanya.. jadi sekitar 10harian sudah telinga anan syb sakit.. 2 hari lalu puncaknya, tapi aku cek ga ada benjolan atau luka apapun.. akhirnya hari ini kita cek ke dr THT,” tulis Zaskia, dikutip dari laman Instagram@zaskiadyamecca, Kamis (12/10/2023).

Baca Juga:  Dorong Gelar Pahlawan Nasional

Setelah diperiksa oleh dokter THT, ternyata Sybil mengalami iritasi dan luka pada dasar telinga. “Dilihat dasar telinganya iritasi dan luka, penyebabnya bener aja ke khawatiranku selama ini dari earphone!!” ungkap Zaskia.

Zaskia mengatakan bahwa putrinya itu memang sering menggunakan earphone. Bahkan, saat tidak mendengarkan lagu pun earphone-nya tidak dilepas. “Terlalu sering dan lama penggunaan earphone bikin telinga iritasi.. baiknya pakai yang model speaker aja! Jujur guilty izinin anak 13 tahun pake airpods, mereka belum sebijaksana itu untuk mengatur pemakaian.. kadang dipake aja walau ga denger musik krn males copot,” ujar Zaskia.

Sebagai orang tua, tentunya hal ini membuat Zaskia sangat khawatir dengan kondisi pendengaran sang putri. Terlebih lagi, ia mengatakan bahwa sebelum Sybill, ada pasien dengan keluhan yang sama dan tidak bisa sembuh.

Baca Juga:  Gus Dur Konsisten Jaga Demokrasi Indonesia

Zaskia mengaku sempat lemas ketika melihat pasien seusia Sybill dengan keluhan yang sama, tetapi tidak bisa disembuhkan. Hal ini karena pasien tersebut menggunakan earphone sampai ketiduran dan mendengarkan musik terlalu kencang. “Yang bikin lemes lagi sblm syb pasien anak usia 14tahun, pake earphone sampai ketiduran denger musik terlalu kenceng.. skr pendengaran dia seperti pendengaran orang usia 60tahun,” ujar Zaskia. (Ful)

Terkini

Kiai Bertutur

E-Harian AULA