Search

Kemenag Perluas Kerja Sama dengan CQU Australia untuk Beasiswa

Majalahaula.id – Kabar gembira bagi mahasiswa dan civitas akademika Perguruan Tinggi Keagamaan Islam (PTKI). Kementerian Agama bekerja sama dengan Central Queensland University Australia untuk program beasiswa.

Dirjen Pendidikan Islam Kemenag, M Ali Ramdhani memperbarui perjanjian kerjasama dengan Central Queensland University (CQU) Australia, Nick Klomp. Kerja sama ini awalnya terfokus pada pemberian beasiswa kuliah di Australia. Kini diperluas di berbagai bidang.

Ramdhani mengatakan bahwa PTKI sangat ingin bekerjasama dengan perguruan tinggi luar negeri yang memiliki reputasi global. Pihaknya ingin kerja sama ini dapat direalisasikan sesegera mungkin agar peningkatan mutu kampus lebih cepat.

“Kami ingin kerja sama ini dapat segera diimplementasikan. Kalau perlu tahun ini dapat dilaksanakan. Minimal tahun ini dilakukan persiapan, dan tahun depan dapat terwujud,”kata Ali dikutip dalam laman resmi kemenag, dikutip Jumat (8/9/2023).

Baca Juga:  Zain Gibran, Siswa Madrasah di Sidoarjo Raih Medali Emas Taekwondo Nasional

Sementara itu, Direktur Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam, Ahmad Zainul Hamdi, merinci komponen kerja sama dua pihak. Menurutnya, kerja sama Diktis dan CQU Australia tidak sebatas pemberian beasiswa S3 (doktoral), namun juga meliputi semua kerjasama akademik. Misalnya, joint degree, joint research, visiting professor, student mobility, dan lainnya.

“Kami ingin kerja sama ini dibuat lebih luas, bukan saja soal beasiswa, tetapi kerjasama akademik yang lain, sehingga MoU ini mencakup MOSMA (MORA Overseas Student Mobility Award); Degree Programs (Undergraduate, Master, and Ph.D); Exchange student; Visiting professorship; joint research; dan Double degree,”ujarnya.

Adapun saat ini terdapat 11 mahasiswa yang menerima beasiswa program doktoral (Ph.D). Mereka sedang menyelesaikan perkuliahannya di CQU.

Terkini

Kiai Bertutur

E-Harian AULA