Search

Persebaran Islam Beriringan dengan Persebaran Pengetahuan

Majalahaula.id – Ketua Lembaga Kajian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (Lakpesdam PBNU), H Ulil Abshar Abdalla (Gus Ulil) mengatakan para mahasiswa baru di Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Parepare sebagai orang-orang yang sangat beruntung. Merujuk populasi penduduk Indonesia yang mencapai sekitar 280 juta jiwa, hanya 6,5 persen yang memiliki kesempatan untuk melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi.

“Anda semua termasuk orang yang beruntung karena tidak semua penduduk Indonesia bisa menikmati kesempatan ini. Manfaatkan sebaik-baiknya, gunakan semaksimal mungkin waktunya selama belajar menempuh pendidikan,” kata Gus Ulil saat menghadiri Pengenalan Budaya Akademik dan Kemahasiswaan (PBAK) IAIN Parepare, Sulawesi Selatan, Selasa (29/8/2023).

Dalam orasinya, Gus Ulil juga menjelaskan keterkaitan ajaran Islam dengan pengetahuan. Menurutnya, agama Islam adalah agama pengetahuan. “Ke mana pun agama Islam ini disebarkan ke seluruh dunia, bersamaan itu pula tumbuh pengetahuan. Karena itu, persebaran Islam beriringan dengan persebaran pengetahuan,” ungkapnya.

Baca Juga:  Apapun Rintangannya, Independensi Hakim Konstitusi Dijaga

Gus Ulil menegaskan bahwa keimanan juga berdasar pada pengetahuan. Iman yang kuat harus didasari oleh pengetahuan yang kokoh. Ia menggunakan analogi bahwa jurusan-jurusan di fakultas adalah bagian dari pengetahuan yang perlu dikuasai, tetapi para mahasiswa juga harus memiliki pemahaman yang lebih luas di luar jurusan mereka.

“Pengetahuan itu, walaupun dipecah dalam bidang-bidang dan jurusan-jurusan yang kecil, tetapi orang yang belajar di jurusan itu tidak boleh kehilangan gambar besarnya. Mereka harus memiliki pengetahuan yang luas mengenai hal-hal lain,” jelasnya.(Vin)

Terkini

Kiai Bertutur

E-Harian AULA