Search

Membanggakan, Kader IPPNU Kudus Jadi Duta Pepelingasih

Majalahaula.id – Risma Anggira, kader Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPPNU) Desa Blimbing Kidul, Kecamatan Kaliwungu, Kabupaten Kudus, Jawa Tengah menorehkan prestasi. Dia berhasil terpilih menjadi duta “Pemuda Peduli Lingkungan Asri dan Bersih” atau Pepelingasih 2023 untuk kategori sebagai terbaik IV tingkat Provinsi Jawa Tengah.

“Pepelingasih merupakan program yang diselenggarakan oleh Kementerian Pemuda dan Olahraga atau Kemenpora RI, dalam bentuk pemberdayaan pemuda Indonesia agar memiliki peran dan kontribusi penting dalam memperbaiki kondisi lingkungan, khususnya dalam hal penanganan sampah yang menjadi persoalan di suatu daerah,” kata mahasiswa Program Studi (Prodi) Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) FKIP Universitas Muria Kudus (UMK) itu.

Baca Juga:  Bupati di Sulawesi Selatan Hadiri Harlah Ansor

Dikemuakkannya bahwa Duta Pepelingasih Provinsi Jawa Tengah Tahun 2023 ini di bawah naungan Disporapar Jateng. “Proses seleksinya ada dua tahap, yakni online dari administrasi, aksi nyata yakni aksi dengan video dan laporan paper dan wawancara. Selanjutnya, yakni grand final secara offline yang dilangsungkan di Pati Hotel pada 28 – 30 Agustus kemarin,” katanya.

Risma yang kini tercatat sebagai Pengurus Rayon Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Ki Hadjar Dewantara mengutarakan, grand final ada sebanyak 45 finalis se-Jawa Tengah. “Setelah diumumkan 10 terbaik, ada seleksi speech secara mendadak. Di tahap ini, finalis diminta mengambil gulungan kertas kecil. Di kertas itu tertera judul untuk speech, untuk dipresentasikan dalam waktu satu menit,” ujarnya.

Baca Juga:  Tata Kelola ISNU Ibarat Kesebelasan Sepak Bola Kelas Dunia

Dari situ, lanjut Risma, kemudian dipilih lima terbaik. “Alhamdulillah, saya mendapatkan apresiasi Duta Pepelingasih Terbaik IV Provinsi Jawa Tengah 2023, yang insyaAllah akan berkesempatan maju ke tingkat nasional. Namun untuk ke tingkat nasional, masih menunggu konfirmasi,” terangnya.

Dia mengemukakan, selain lima terpilih, ada juga apresiasi untuk kategori favorit, persahabatan, video terbaik, best kostum dan lainnya. Dan pengalaman ini memberikan motivasi untuk terus berprestasi. (Ful)

Terkini

Kiai Bertutur

E-Harian AULA