Search

Rapat Pleno MUI Putuskan KH Anwar Iskandar sebagai Ketua Umum

Majalahaula.id – Rapat pleno dengan agenda utama pembahasan Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) Pusat digelar Selasa (15/08/2023). Pada rapat yang berlangsung di Hotel Bidakara Jakarta tersebut menetapkan KH Anwar Iskandar sebagai pengganti KH Miftachul Akhyar.

Pergantian ini terjadi karena KH Miftachul Akhyar sudah mengajukan surat pengunduran diri beberapa saat setelah dirinya kembali sebagai Rais ‘Aam Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU). Pembahasan mengenai sosok pengganti KH Miftah tersebut sempat alot sampai akhirnya diputuskan nama KH Anwar Iskandar sebagai ketua umum. Rapat Pleno MUI dihadiri jajaran Dewan Pimpinan MUI serta Ketua dan Sekretaris Komisi, Badan, dan Lembaga di lingkungan MUI.

Ketua Panitia Rapat Pleno MUI, KH Rofiqul Umam Ahmad menyampaikan bahwa rapat pleno menyetujui untuk menetapkan KH Anwar Iskandar sebagai Ketua Umum MUI Pusat menggantikan KH Miftachul Akhyar. Penetapan tersebut masih akan dibawa ke Rapat Paripurna MUI. “Rapat Pleno menetapkan bapak KH Anwar Iskandar sebagai Ketua Umum MUI menggantikan KH Miftachul Akhyar yang mengundurkan diri,” katanya kepada MUIDigital.

Baca Juga:  NU Diharap Tingkatkan Kontribusi di Sektor Kesehatan

Penetapan KH Anwar Iskandar sebagai Ketua Umum MUI ini berdasarkan usulan dari KH Miftachul Akhyar sendiri. Dan sosok KH Anwar Iskandar sebelumnya menduduki sebagai Wakil Ketua Dewan Pertimbangan MUI. Nantinya, KH Anwar Iskandar akan meneruskan masa KH Miftachul Akhyar hingga 2025. Selama ini, kepemimpinan MUI di bawah kendali tiga Wakil Ketua Umum MUI yang dibagi setiap bidang. Tiga Wakil Ketua Umum MUI tersebut adalah Buya Anwar Abbas, KH Marsudi Syuhud, dan Buya Basri Bermanda.

Penetapan KH Anwar Iskandar sebagai Ketua Umum MUI Pusat ini nantinya masih akan dibahas dalam Rapat Paripurna MUI. Rapat Paripurna adalah rapat yang dihadiri Dewan Pertimbangan MUI, Dewan Pimpinan MUI, serta Ketua dan Sekretaris Komisi, Badan, dan Lembaga di bawah MUI. Anggota Dewan Pertimbangan MUI sendiri terdiri dari pimpinan level pusat ormas Islam di Indonesia. Akan tetapi, kalau sudah diputuskan pada rapat pleno, besar kemungkinan namanya akan ditetapkan sebagai Ketua Umum MUI Pusat mendatang. (Ful)

Terkini

Kiai Bertutur

E-Harian AULA