Search

Nouhaila Benzina Pemain Bola Berhijab Pertama

Majalahaula.id – Namanya menjadi pembicaraan lantaran sebagai sosok pemain sepakbola perempuan tim nasional Maroko. Pasalnya, ia mencetak sejarah baru dengan menjadi pemain pertama yang mengenakan hijab dalam turnamen Piala Dunia Wanita.

Menurut FIFA, penggunaan hijab diperbolehkan jika alasannya masalah agama. Hal tersebut disahkan oleh Federasi Sepakbola Dunia pada 2014. Padahal sebelumnya, menggunakan hijab dilarang karena alasan kesehatan dan keselamatan. Kemudian di tahun yang sama, FIFA meralat aturan yang mana penggunaan hijab diperbolehkan ketika Piala Dunia Wanita U-17 digelar di Yordania.

Wanita asal Maroko ini diketahui lahir di Kenitra, 11 Mei 1998. Artinya, tahun ini sudah berusia 25 tahun. Ia adalah seorang pesepakbola profesional yang membela Timnas Maroko dan menempati posisi bek. Kariernya di dunia sepakbola bermula di AS FAR Wanita, yang merupakan raja dari sepak bola wanita di negaranya itu. Di tim AS FAR, ia menempati posisi gelandang. Kehebatan AS FAR sendiri terlihat dari 10 gelar kejuaraan wanita Maroko sejak 2013. Bahkan, delapan gelarnya didapat secara beruntun. Benzina telah beberapa kali menjuarai Moroccan Women’s Championship, seperti pada tahun 2017 hingga 2023. Juga juara Moroccan Women Throne Cup sebanyak 5 kali. Selain itu, pernah menjuarai UNAF Women’s Club Tournament pada 2021. Setahun setelahnya, memenangkan CAF Women’s Champion League. Sementara di timnas Maroko sendiri, dia baru berhasil menjuarai UNAF Women’s Tournament pada tahun 2020. Kemudian pada 2022 dia dan timnas Maroko menjadi runner up Africa Cup of Nations.

Baca Juga:  Esensi dari Hari Raya Idul Fitri

Benzina dipasang menjadi starter pada pertandingan Grup H Piala Dunia Wanita antara Maroko menghadapi Korea Selatan, yang dimenangkan oleh Maroko 1-0. Pemain yang berposisi sebagai bek tengah tersebut mampu menahan gempuran Korea Selatan dan sukses mempertahankan keunggulan tim asal Afrika tersebut. Hasil itu juga menjadi kemenangan pertama bagi Maroko di ajang Piala Dunia Perempuan.

Pertandingan menghadapi Korea Selatan tersebut merupakan debut Nouhaila Benzina di Tim Nasional Senior Maroko perempuan. Pada laga itu, ia juga menerima kartu kuning perdananya untuk tim nasional. (Ful)

Terkini

Kiai Bertutur

E-Harian AULA