Search

Peduli Kesehatan, Mahasiswa KKN UIN Walisongo Dukung Posyandu Lansia di Kedungmundu

Majalahaula.id, Semarang – Sebagai salah satu kepedulian pada kesehatan terutama pada lanjut usia (lansia), tim KKN MIT ke‐16 UIN Walisongo Semarang Posko 36 datangi kegiatan posyandu lansia Kegiatan posyandu, di Jl. Amposari Timur di RT 05 RW 03 Kelurahan Kedungmundu, Kecamatan Tembalang, belum lama ini,

Dalam kegiatan rutin yang dilakukan sebulan sekali tersebut, sebanyak 40 warga lansia dilayani kesehatannya meliputi penimbangan berat badan, pengukuran lingkar lengan dan lingkar perut, pengukuran tinggi badan, pengecekan tekanan darah, gula darah, kolesterol dan asam urat.

Selain itu, pada akhir kegiatan diberikan (Pemberian Makanan Tambahan (PMT), berupa buah, bubur, puding, dan kudapan lainnya.

Pelaksana pelayanan kesehatan dari Rumah Sakit Roemani Semarang, Faras Winjawati menuturkan bahwa tujuan diadakannya posyandu lansia untuk memberikan pelayanan kesehatan kepada warga lanjut usia guna meningkatkan kualitas hidup mereka yang rentan terhadap penyakit.

Baca Juga:  BPI UIN Walisongo Adakan Penguatan Kompetensi Konselor

“Untuk mengetahui kesehatan para lansia biar tidak mudah sakit biar bisa menjaga kesehatan tubuhnya”, ungkapnya.

Dalam pelaksanaan posyandu lansia, menurut Faras Winjawati tidak ada hambatan khusus namun hanya ada hambatan bagi lansia yang sedang sakit sehingga tidak bisa datang ke tempat posyandu.

“Cuma kalau ada lansia yang lagi sakit dan tempatnya jauh gak bisa datang ke posyandu dan harus diantar sanak saudaranya dan mestinya apabila sakitnya parah juga datang kesana”, ungkapnya.

Sementara itu, Dewi, perwakilan tim KKN MIT 16 UIN Walisongo posko 36 yang turut berpartisipasi dalam kegiatan posyandu lansia menyebut kegiatan tersebut sangat membantu bagi warga lansia.

“Kegiatan ini sangatlah membantu bagi warga lanjut usia, mereka bisa menjadi lebih peduli pada kesehatan dirinya. Kami juga mendapatkan pengetahuan lebih lewat kegiatan posyandu ini. Harapannya semoga kegiatan posyandu ini bisa terus berjalan dan memberi manfaat bagi seluruh warga lansia”, jelasnya.

Baca Juga:  LP2M UIN Walisongo laksanakan Penyerahan KKN MMK Internasional Vietnam 2023 di Nong Nghiep, Hanoi, Vietnam

Serial berita KKN UIN Walisongo Semarang kerjasama MajalahAula.id dengan Pusat Pengabdian kepada Masyarakat (PPM) LP2M UIN Walisongo Semarang.

Terkini

Kiai Bertutur

E-Harian AULA