Search

Pramuka Ma’arif NU di Banyumas Gelar Perkemahan Hijriah

Majalahaula.id – Satuan Komunitas Pramuka Ma’arif NU Ranting Kedungbanteng Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah menggelar Perkemahan Tahun Baru 1445 Hijriyah. Kegiatan dipusatkan di lapangan Desa Beji Kedungbanteng sejak Selasa hingga Rabu (18-19/07/2023).

“Dari catatan pretasi Sakoma NU sudah mampu melahirkan kader kader Gerakan Pramuka yang luar biasa dan menjuarai perlombaan kepramukaan baik di tingkat ranting, cabang bahkan nasional,” kata Ketua Kwartir Ranting (Kwarran) Kedungbanteng, Wuryanto saat membuka acara.

Sedangkan Ketua Sako Ma’arif NU Ranting Kedungbanteng, Usmanto mengemukakan selama acara diselenggarakan pendidikan kepramukaan dalam bentuk kegiatan menarik dan sehat. Salah satu wadah kegiatan tersebut adalah perkemahan yang di dalamnya nanti akan memberikan pengalaman langsung pada peserta dalam aktualisasi diri.

Baca Juga:  Emil Dardak Minta Pertenak Kooperatif Terkait Penanganan PMK

“Kami berupaya membantu madrasah Ma’arif NU untuk lebih meningkatkan kegiatan ekstrakurikuler agar lebih berkualitas, dan menjadi kebanggaan anak didik melalui kegiatan perkemahan tahun baru hijriyah atau Pertabah 1445 H,” katanya, Rabu (19/07/2023).

Usmanto menambahkan, kegiatan diikuti 120 Pramuka Penggalang yang terbagi dalan 12 regu dari 6 pangkalan Sako Ma’arif NU di Kwarran Kedungbanteng. Tujuan perkemahan adalah sebagai sarana mengembangkan kreatifitas. “Juga membina ukhuwah di antara anggota regu Penggalang Satuan Komunitas Pramuka Ma’arif NU dan mengintegrasikan diri dalam masyarakat khususnya Nahdliyin dengan tema merajut ukhuwah menebar hikmah,” jelasnya.

Pramuka penggalang yang mengikuti Pertabah berasal dari Pangkalan MTs Ma’arif NU 1 Kedungbanteng, MI Ma’arif NU Beji, MI Ma’arif NU Karangnangka, MI Ma’arif NU 1 Dawuhanwetan, MI Ma’arif NU Dawuhankulon dan MI Ma’arif NU Kedungbanteng.

Baca Juga:  Sholawat dan Doa Bersama Peringatan Ormas PRBIJ yang Ke-3

Kegiatan meliputi pendirian tenda, upacara pembukaan, permainan besar, shalat jamaah, doa akhir dan awal tahun, pawai obor, pentas seni, api unggun, shalat subuh berjamaah dan kultum. Termasuk senam dan penutupan. (Ful)

Terkini

Kiai Bertutur

E-Harian AULA