Search

Saiful Rahmat Dasuki Diamanahi sebagai Wamenag RI

Majalahaula.idPresiden Joko Widodo melantik kader Partai Persatuan Pembangunan (PPP), H Saiful Rahmat Dasuki alias Gus Saiful sebagai Wakil Menteri Agama (Wamenag) di Istana Negara, Jakarta, Senin (17/07/2023).

Perlu diketahui bahwa Gus Saiful menggantikan Wamenag sebelumnya yang diemban oleh H Zainut Tauhid Saadi. Dan pelantikannya sebagai Wamenag RI didasarkan pada Keputusan Presiden Nomor 32 M Tahun 2023 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Wakil Menteri Negara Kabinet Indonesia Maju Periode Tahun 2019-2024.

Dengan pelantikan ini, Gus Saiful akan mendampingi Yaqut Cholil Qoumas atau Gus Mentri sebagai Menteri Agama (Menag) RI mendatang.

Di luar pemerintahan, Gus Saiful mengemban jabatan strategis di PPP. Dalam catatan, dirinya menjabat sebagai Ketua Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) DKI Jakarta. Sedangkan sebelumnya juga pernah menjabat sebagai salah seorang ketua di Pimpinan Pusat (PP) Gerakan Pemuda (GP) Ansor.

Baca Juga:  Restu Kiai Permudah Langkah Awal Berdakwah

Dari data yang berhasil dihimpun dan ditelusuri, pada 2017 lalu, dirinya secara blak-blakan lebih mendukung Sandiaga Uno ketimbang musisi Ahmad Dhani untuk maju pada Pilkada DKI Jakarta 2017.

Dengan cukup keras, kala itu, Gus Saiful menyebut bahwa Sandiaga lebih jelas dukungan partainya. Pasalnya, Sandiaga merupakan dewan pembina Partai Gerindra. Sedangkan Ahmad Dhani tidak terdaftar sebagai pengurus dari partai manapun. “Kami cenderung ke Sandiaga Uno karena jelas dukungan partainya. Ahmad Dhani masih cenderung kolektif sana sini, kalau Sandi kan pembina Partai Gerindra,” ujar Saiful di Gedung PWNU DKI Jakarta, Jalan Utan Kayu Raya, Jakarta Timur, Sabtu (09/04/2016) silam.

Meskipun demikian, kata Gus Saiful, keduanya merupakan keluarga besar dari NU.Sehingga keduanya sudah tidak asing di kalangan Nahdliyin. Akan tetapi dalam ajang pemilihan kepala daerah, maka banyak hal yang hendaknya dipertimbangkan demi memastikan sang tokoh dapat terpilih dan menang sebagai pemimpin. Dan akhirnya Sandiaga Uno dapat bersanding dengan Anies Baswedan.

Baca Juga:  Zannuba Ariffah Chafsoh Saran Mengikuti Hati Nurani

Dalam perjalanannya, Sandiaga akhirnya maju sebagai calon wakil gubernur sebagai pendamping Anies Baswedan menjadi calon gubernur. Keduanya bertarung menghadapi pasangan Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok-Djarot Saiful Hidayat dan Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) dan Sylviana Murni. (Ful)

Terkini

Kiai Bertutur

E-Harian AULA