Search

Kuliner Nusantara Paling Disukai Jokowi

Majalahaula.id – Dalam kanal Youtube Presiden Joko Widodo, Juru Masak Istana Kepresidenan, Tri Supriharjo mengatakan bahwa setiap hari timnya menghidangkan makanan rumahan khas Nusantara untuk Jokowi.

Penasaran dengan kuliner rumahan favorit orang nomor satu di Indonesia ini? Berikut beberapa makanan rumahan plus minuman favorit Jokowi yang mungkin juga termasuk makanan favorit Anda.

1. Sayur Bening
Jokowi gemar mencicipi sayur bening yang merupakan masakan khas rakyat Indonesia dan selalu jadi hidangan hampir di semua rumah tangga.

2. Soto Ayam
Selain sayur bening, Soto ayam dengan kuah yang terdiri dari irisan kol, tauge, soun, dan suwiran ayam merupakan makanan yang sering disantap Presiden di istana.

Baca Juga:  5 Makanan Khas Sidoarjo Paling Populer

3. Orek Tempe
Makanan berikutnya yang sering disantap Presiden ke-7 ini adalah orek tempe. Makanan ini tentunya juga termasuk makanan favorit banyak orang dan jadi salah satu menu wajib di warteg.

4. Oseng Pepaya Muda
Olahan sederhana oseng pepaya muda juga disukai Presiden Jokowi. Tak hanya lezat, sajian ini juga menyehatkan.

5. Lento
Anda pernah makan atau bahkan mendengar lento? Penganan khas Jawa Timur ini terbuat dari singkong yang diparut, kemudian dicampur kelapa dan digoreng.

6. Mi Ketoprak
Sebagian orang mungkin sedikit asing dengan nama makanan satu ini. Makanan khas Solo yang bentuknya seperti soto mi ini juga menjadi hidangan favorit Presiden Jokowi.

Baca Juga:  Kota Lama Semarang, Nikmati Suasa Tempo Doeloe

7. Soto Kuning
Soto kuning khas Bogor menjadi satu hidangan yang tak terlewatkan bagi Presiden yang lahir di Surakarta ini. Bahkan menurut Tri, menu satu ini hampir dihidangkan setiap hari.

8. Camilan
Singkong goreng dan jagung rebus merupakan camilan yang gemar disantap mantan Wali Kota Solo ini.

9. Jamu
Untuk menjaga stamina tubuhnya, Jokowi rutin meminum jamu. Racikan jamu spesialnya terbuat dari temulawak, kunyit, dan jahe. Jokowi mengaku senang bisa memiliki koki seperti Tri yang memahami selera lidah dan perutnya.

10. Jus Buah
Jokowi sangat menyukai jus buah sebagai minuman favorit. Jus buah segar biasa diminum setiap pagi dan sore hari, termasuk jus kedondong yang jadi jus kesukaannya.
“Jusnya saya ganti tiap hari, kalau pagi melon, sore nanti apel dan lainnya. Kalau sekarang ini Bapak lagi suka sama jus kedondong,” ungkap Tri. Selain jus, Jokowi juga suka minum teh pahit hangat.

Terkini

Kiai Bertutur

E-Harian AULA