Search

Sejumlah Tokoh Hadiri Rakernas Pergunu di Majalengka

Majalahaula.id – Beberapa tokoh dijadwalkan menghadiri Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Pimpinan Pusat (PP) Persatuan Guru Nahdlatul Ulama (Pergunu). Kegiatan dipusatkan di Alun-alun Desa Leuwimunding, Kecamatan Leuwimunding, Majalengka, Jawa Barat mulai Sabtu hingga Ahad (17-18/06/2023).

Ketua Panitia Rakernas Pergunu, Saepuloh menyebutkan beberapa tokoh nasional yang hadir itu adalah Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Republik Indonesia Mahfud MD, Kepala Staf Kepresidenan RI Muldoko, Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan dan, Wakil Ketua MPR RI Yandri Susanto. “Para tokoh tersebut akan menjadi keynote speaker, narasumber, pembuka, dan penutup acara. Acara akan berlangsung dari Sabtu hingga Ahad dari pagi hingga sore hari ini,” katanya, Sabtu (17/06/2023).

Baca Juga:  ISNU Pasuruan Beri Penghargaan Wisudawan STEBI Sidogiri

Dia menambahkan, Rakernas Pergunu dimulai dengan tahlil akbar di makam salah seorang pendiri NU, KH Abdul Calim Leuwimunding yang terletak di Pondok Pesantren Sabilul Chalil. Tahlilan dipimpin Ketua Umum PP Pergunu KH Asep Saifuddin Chalim yang juga putra KH Abdul Chalim. “Hari ini sedang berlangsung tahlil di makbarah almagfurlah KH Abdul Chalim,” ucapnya.

Setelah itu, dilanjut dengan halaqah alim ulama yang dimulai pukul 08.-11.30 yang berlangsung di lapangan Alun-alun Kecamatan Leuwimunding. Kemudian, Rakernas secara resmi dibuka pukul 13.00 oleh Wakil Menteri Agama. Sementara Rakernas Pergunu akan berlangsung di aula Madrasah Aliyah Unggulan Amanatul Ummah 02. “Peserta Rakernas diikuti sedikitnya 764 orang se-Indonesia. Mereka terdiri dari pengurus pimpinan pusat, pengurus pimpinan wilayah, dan pengurus pimpinan cabang seluruh Indonesia,”paparnya.

Baca Juga:  Panitia Resepsi 1 Abad NU Buka Rekrutmen Relawan

Pembukaan Rakernas digelar di tenda di Alun-alun Leuwimunding. Undangan terdiri dari peserta rakernas, guru-guru NU di Jawa Barat, pengurus dan anggota Muslimat NU, para alim ulama, pimpinan pondok pesantren dari Majalengka, Kuningan, Cirebon, Indramayu, dan Sumedang. Selama rakernas akan berlangsung bazar kuliner dan UMKM Kabupaten Majaengka dan produk Pergunu yang berlangsung di Alun-alun Leuwimunding. (Ful)

Terkini

Kiai Bertutur

E-Harian AULA