Search

Tips Solo Camping untuk Pemula

Majalahaula.id – Lelah dengan hiruk pikuk perkotaan yang membuat perasaan jadi mudah gelisah? Bila ya, kamu bisa melepas penat dengan pergi ke alam terbuka. Salah satu caranya adalah dengan melakukan kegiatan camping atau berkemah.

Nah. bagi kamu yang belum pernah merasakan pengalaman camping di alam bebas, kamu bisa memulai dari mengunjungi tempat perkemahaan yang terorganisir dan memiliki penjaga. Hal ini bertujuan untuk menghindari hal-hal tidak diinginkan.

Namun, bila ingin melakukan Solo Camping butuh mempersiapkan peralatan dan perlengkapan yang cukup. Perlu tahu tips sebelum memulai Solo Camping, berikut penjelasannya:

1. Carilah tempat yang aman

Menentukan tempat yang aman serta tidak terlalu jauh dari tempat pemukiman warga merupakan hal penting terutama bagi para pemula.
Hindari tempat-tempat yang dirasa kurang aman, seperti masih banyak binatang buas dan sebagainya. Lokasi yang dekat dengan pemukiman juga penting agar jika terjadi suatu hal yang tak diinginkan bisa segera meminta pertolongan.

Baca Juga:  Little Ranch Sidomukti Wisata Ala Selandia Baru

2. Bawa Peralatan penting

Saat melakukan solo camping, kamu akan membawa semua peralatan camping sendirian. Jadi, pastikan kamu hanya membawa barang yang penting saja dan tidak memakan banyak tempat. Misalnya seperti kompor kecil untuk camping, tenda berukuran kecil, makanan kaleng, camilan, air minum dan lain-lain. Jangan lupa untuk membawa peralatan P3K untuk keamanan saat berkemah
3. Beritahukan rencana kalian kepada keluarga dan teman

Beritahukan rencana solo camping kamu pada keluarga dan teman. Tujuannya agar mereka gak khawatir saat kamu camping sendirian nantinya. Jangan lupa untuk membawa alat komunikasi saat solo camping. Supaya kamu selalu bisa mengabari keluarga dan teman saat berkemah.

Baca Juga:  Cuci Mata di Alam Permadani Kawah Wurung Bondowoso

4. Tentukan agenda

Tentunya ketika camping hal yang ingin dilakukan adalah berlibur dan melakukan segenap aktivitas. Maka dari itu, untuk menghindari suasana bosan saat di tempat camping terutama sendirian perlu disiapkan kegiatan apa saja yang akan dilakukan. Seperti memasak, berkreasi, atau membawa barang favorit kalian seperti buku, kamera, music player atau permainan lainnya agar kalian punya aktivitas untuk mengisi waktu kalian selain menikmati keindahan alam.

Itulah tips yang dapat dilakukan saat melakukan solo camping. Memang solo camping memiliki sensasi yang berbeda daripada camping bersama-sama. Karena kamu harus mempersiapkan segalanya sendirian.

Terkini

Kiai Bertutur

E-Harian AULA