Search

JP3M Kabupaten Sukabumi Lantik Pengurus Baru

Majalahaula.id – Pengajian tri wulan sekaligus pelantikan pengurus wilayah dan cabang Jam’iyyah Perempuan Pengasuh Pesantren dan Muballighah (JP3M) wilayah tingkat Kabupaten Sukabumi digelar di Aula Pondok Pesantren (Ponpes) Al Amin Karangsirna RT 01 /01 Desa Nanggerang, Kecamatan Cicurug, Kabupaten Sukabumi, Provinsi Jawa Barat.
Nampak hadir empat pendiri JP3M yaitu Nyai Aufilana Uswatun Khasanah, Nyai Hj Hannik Maftukhah Afif sekaligus Ketua Umum Pengurus Pusat JP3M Nusantara, Nyai Hj Umi Maesaroh Hasyim, Nyai Hj. Ninik Muthmainnah, selain para pendiri hadir juga Ketua JP3M Provinsi Jawa Barat, Nyai Hj. Shobihah Maimoen Zubair, Pengasuh Ponpes Al Amin Hj.Neng Elis MF.Syam, serta para tamu undangan dari berbagai kota di Jawa Barat.
Kegiatan ini dibuka dengan kreasi santri Pesantren Al-Amin diantaranya shalawat acapela, dan penampilan marawis ibu-ibu Ganesa (gabungan nenek-nenek Salasa) yang juga sebagai bentuk sambutan hangat kepada para tamu yang hadir.
Ketua Panitia dan Sohibul Bait Hj Neneng Faridah menyampaikan, pelantikan bertujuan untuk menciptakan perempuan sebagai pengasuh di ponpes agar santri-santri nya menjadi berkualitas, dan para mubalighoh agar bisa menjadi pengajar yang baik saat berdakwah dan saat pengajian,
“Mudah-mudahan kedepan perempuan yang mengurus ponpes bisa maju tapi tidak bermaksud untuk melangkahi para laki-laki karena kita sebagai perempuan sudah kodratnya selalu ada di bawah dari para laki-laki,” ujarnya.
Di tempat yang sama, Ning Hj Najhah Barnamij M.E Ketua Pelaksana Rakorwil, Triwulan dan Daurah JPPPM Jabar menjelaskan, JP3M adalah bukan organisasi pengumpul masa. JP3M adalah jam’iyah diniyah islamiyah (organisasi sosial keagamaan islam) independen yang berdasarkan Ahlusunnah Wal Jamaah dengan mengedepankan silaturrokhim dan ukhuwah, bukan organisasi untuk berpolitik.
“Jadi jika ada yang bilang ini untuk mengumpulkan masa saat berpolitik itu tidak benar,” ungkapnya Kamis, 15/06/2023.
Gagasan terbentuknya JP3M adalah hasil sebuah pemikiran antara Nyai Pengasuh Pondok Pesantren dan Muballighoh yang mempunyai tujuan membuat wadah ukhuwah Islamiyah antar Pengasuh dan Muballighoh untuk menyatukan visi misi ilmiyah salafiyah ‘ala Ahlusunnah Wal Jama’ah.
Ning Barnamij menambahkan, empat tujuan didirikannya JP3M, pertama, Mewujudkan cita-cita bangsa Indonesia yang berdaulat, adil dan Makmur berdasarkan Pancasila dan UUD ’45, kedua, Mewujudkan Perempuan Pengasuh Pesantren dan Muballighoh yang berkualitas dengan kompetensi keagamaan yang unggul.
Ketiga, Mewujudkan kesatuan pemahaman/Ittihadul Afham dalam pengamalan ajaran Islam Aswaja An Nahdliyyah di masyarakat, dan yang terakhir Terlaksananya ajaran Aswaja di tengah-tengah masyarakat.
Sementara, Ketua Umun Pimpinan Nusantara JP3M, Nyai Hj Hanik Maftuhah menyampaikan, ibu nyai yang dilantik multitalent. Menurutnya, mengumpulkan sesuatu yang terserak (nadzom alfiyah) yang sangat jauh dikumpulkan jadi satu dengan berbagai kelebihan yang dimiliki. Ada yang ahli nahwu shorof, ahli balaghoh mantiq, ahli intelektual, ahli Al-Qur’an. Dengan mengumpulkan para ilmu ulama, para ilmu Rasulullah dengan JP3M menjadi satu. Dengan adanya JP3M kita saling introspeksi, karena di atas langit masih ada langit.
“Diharapkan pelantikan pengurus JP3M Kabupaten Sukabumi ini siap untuk berperan dimana saja. Peran seorang wanita adalah tiang negara, harus menjadi al-mar’atus solehah (wanita yang salehah),” tutupnya.
Berikut struktur kepengurusan Jami’iyah Perempuan Pengasuh Pondok Pesantren dan Muballighoh (JP3M) Kabupaten Sukabumib masa khidmah 2023-2028:
Pembina
Dra. R. Hj. Nenen Nurjanah M.M.Pd.
Hj. Iit Solihat
Hj. Nani Marwan
Hj. Imas Siti Sarah.S.Ag.M.Pd.
Hj. Nenah Maemunah
Penasehat
Hj.  Nenah S.Ag
Hj. Didah Hamdiyyah
Hj. Imas Sihabul Milah
Hj.Enung Nurmilah
Ketua: Hj. Eneng Elis M.F. Syam.
Ketua  1 : Hj. Neneng Faridah
Ketua  II  : Hj. Tatun Chaeratun S.Pd.I
Seketaris : R. Yuliawati  Hanifah, S.Pd. S.Pd.I
Sekretaris 1 : Dra. Neni Nurhayati  M.Pd.
Sekretaris II : Ai Nur Aisyah S.Pd.I
Bendahara : Hj. Ukeu Herawati S.Pd.I
Bendahara 1: Hj. Ati Mulyati
Bendahara II: Esih Sukarsih
Bidang – Bidang:
Keagamaan Kajian Kitab :
Ketua: Hj. Ai Zubaedah S.Pd.I
Wakil: Hj. Afifah
Anggota: Hj.Ai Jamilah
Tahfidz
Ketua: Hj. Syarifah Al Hidayah
Wakil: Hj.Rizqiya Hasanah
Anggota: Hj. Rahmatul Mawaddah
Da’wah
Ketua : Hj. Atik Mulyati
Wakil : Hj. Nurhasanah Fadilah Amsyari
Anggota: Hj. Nenah Nurjanah
    : Hj.Deudeu Mahmudah
Pendidikan
Ketua : Dr. Hj. Pipih  M.Si.
Wakil : Dr.Hj.Lani Melani, M.Mpd.
Anggota : Dr.Hj. Elih Malihatun M.Ag.Ph.D
Organisasi Kaderisasi
Ketua: Hj Ida Rachmawati S.Ag.M.M.Pd.
Wakil: Hj. Zahro Unsiyah Al Adawiyah S.Pd.I
Anggota: Hj.Iis Suwarni , S.Pd.I
Perberdayaan Perempuan
Ketua: Hj. Elis Al Baesuni Hasyim S.Pd.I
Wakil: Ela Zakiyyah, S.Ag.M.M.Pd
Anggota: Ulfah Dania Afandi, S.Pd. S.H.
Humas
Ketua: Hj. Muhsinah,S.Pd.I
Wakil: Hj. Evah Nursaiah  S. Pd.I
Anggota: Hj.Siti Maryam, S.Pd.
Sosial
Ketua: Yayi Zubaedah, S.Pd.I
Wakil: Hj.Euis Nuraela,
Anggota: Eno  Nuraeni
    : Hj. Lilis Siti Fatimah
Seni Budaya
Ketua: Hj. E. Nurhanawati M.M
Wakil: Hj. Elis Rohani
Anggota: Hj.Ela Nurhayati
Ekonomi
Ketua: Hj.Alawiyah Nurlaela
Wakil: Triastuti Kusuma Wandari
Anggota: Hj. Yayah Siti Rukoyah
        : Rusilah Awal udin, S.Pd.
Kesehatan dan Lingkungan
Ketua: Hj. Engkay Sukaesih, SST
Wakil: Hj .Siti Khoirunnisa S.Pd.I
Anggota: Hj Eneng Nurhayati ,
Sosial Media
Ketua: Hj.Neng Syarifah, S.Pd.I
Wakil: Hj. Ira Nurhayati
Anggota: Dewi Rusmiat
                : Tini Andayani S.Pd.I
Baca Juga:  Tabarruk Ramadlan : Gelorakan I’tikaf dan Sholat Tasbih

Terkini

Kiai Bertutur

E-Harian AULA