Search

Petugas Siapkan Kain Ihram Pengganti untuk yang Terkena Hadas

Majalahaula.id – Petugas Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Indonesia Daerah Kerja Bandara (Daker Bandara) menyiapkan ihram pengganti bagi jamaah, terutama lansia, yang baru mendarat di Jeddah, Arab Saudi. Faktor usia membuat banyak jamaah haji lansia tidak mampu mengontrol hajat buang air, termasuk saat di pesawat.

Hal ini menjadi masalah, terutama bagi jamaah lansia gelombang kedua yang sudah memakai ihram sejak embarkasi keberangkatan. Kasie Bimbingan Ibadah Daker Bandara, Khoirun Naim mengatakan banyak terjadi ketika mendarat di bandara King Abdulaziz Jeddah, ihram jamaah sudah ternoda air seni bahkan fesesnya sendiri. “Banyak jamaah kita yang sakit, yang tua, buang air di pakaian ihramnya, atau tidak pakai sandal. Itu jumlahnya tidak sedikit, banyak,” kata Khoirun Naim kepada tim Media Center Haji, Minggu (11/6/2023)

Baca Juga:  Kawasan Gandaria Jaksel Kebakaran, Api Membubung di Udara

“Alhamdulillah di daker bandara sudah disiapkan kain ihram, itu kita ganti disini,” imbuhnya. Menurut Khoirun, bagi jamaah sakit atau lansia yang ihramnya terkena hadas kecil maupun besar karena uzur syar’i, tim bimbad bandara siap mendampingi untuk bersuci dan mengulang niatnya.

“Itu bagian dari uzur syar’i. Jadi bagi mereka, baik yang sudah niat di atas pesawat atau belum untuk memastikan niatnya sudah benar dan ihramnya sudah suci, maka setiba di bandara Jeddah kami ingatkan untuk bersuci kembali lalu kami pandu untuk melafazkan ulang niat ihramnya,” sebut dia.

Untuk meringankan, jamaah yang mengalami masalah buang air diperbolehkan memakai pakaian dalam berupa popok, tanpa harus membayar dam (denda). (Vin)

Terkini

Kiai Bertutur

E-Harian AULA