Search

Kisah Mbah Gemi, Jamaah Haji Lansia Asal Jombang

Majalahaula.id – Masa haji tahun ini Pemerintah mengutamakan calon haji yang sudah berusia lanjut atau lansia untuk berangkat lebih awal. Bahkan, Kemenag sebagai penanggung jawab pelaksanaan haji tahun 2023 mengusung tagline Haji Ramah Lansia sebagai wujud keseriusannya tersebut.

Di antara jamaah haji lansia yang diberangkatkan ke Tanah Suci ialah Gemi. Ia merupakan warga Desa Jatirejo, Kecamatan Diwek, Kabupaten Jombang, Jawa Timur. Usianya saat ini sudah 93 tahun. Kendati sudah lanjut usia, ia terlihat sehat.

Mbah Gemi menceritakan perjuangannya untuk bisa mendaftar haji hingga keberangkatannya tahun ini. Pekerjaannya sehari-hari berjualan plastik dan gelang karet. Dari pekerjaan yang sederhana itu ternyata mampu mengantarkannya untuk pergi ke Tanah Suci Makkah.

Baca Juga:  Tasyakuran dan Penutupan Panitia Istighotsah Kubro

“Alhamdulillah, hasil dari berjualan itu saya kumpulkan, sekitar Rp10 ribu setiap hari,” ujar Mbah Gemi.

Setiap hari, Mbah Gemi berjuang menjual dagangannya. Menyisihkan uang Rp10 ribu per hari dilakoninya. Uang itu disisihkan yang kemudian dibayarkannya untuk arisan. Setiap kali uang arisan didapatkannya, langsung dimasukkan ke bank agar tidak berkurang.

Keinginan itu pun akhirnya terkabul. Tahun 2014, dirinya mendaftar haji dari uang tabungannya. Dengan uang Rp25 juta, Mbah Gemi sudah mendapat porsi haji.

Sesuai jadwal, keberangkatannya memang harus lama, yakni hingga 2031. Kendati saat itu harus menunggu lama, tidak menyurutkan niat Mbah Gemi untuk bisa berangkat haji. Masa tunggu keberangkatan haji tidak menyurutkan semangat Mbah Gemi untuk terus mencari nafkah. Ia masih setia berjualan plastik dan karet gelang.

Baca Juga:  Terdakwa Pembunuh Satu Keluarga di Magelang Dituntut Penjara Seumur Hidup

Mbah Gemi sadar, sebagai manusia harus tetap ikhtiar. Masalah rezeki, maut, dan lainnya adalah urusan Tuhan, sehingga ia pun dengan sabar melakoni pekerjaannya.

Gayung bersambut, tak perlu menunggu hingga tahun 2031, dirinya berangkat menunaikan ibadah haji.Tahun 2023 ini. Namanya tercatat dari 1.177 calon haji yang berangkat tahun 2023.

Mbah Gemi sangat bahagia dengan kesempatan itu. Demi bisa beribadah dengan baik, kesehatan tubuhnya juga terus dijaga, yakni dengan olahraga setiap hari. Ia memilih jenis olahraga ringan untuk menjaga kebugaran tubuhnya, seperti berjalan kaki. (Hb)

Terkini

Kiai Bertutur

E-Harian AULA