Search

Pesantren Rakha Bersiap Jelang Konferwil NU Kalsel

Majalahaula.id – Pondok Pesantren Rasyidiyah Khalidiyah (Rakha) Amuntai di Jalan Rakha, Pakapuran, Amuntai Utara, Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) berhias diri. Hal tersebut karena sebagai lokasi tuan rumah Konferensi Wilayah (Konferwil) NU Kalsel IX pada 8 hingga 11 Juni 2023.

Pesantren yang genap berusia seabad ini pun kini telah dihiasi dengan bendera NU. Pemasangan bendera, umbul-umbul serta beberapa baliho menyemarakkan perhelatan Konferwil NU Kalsel IX 2023 bertajuk Mendigdayakan NU Banua menuju Kebangkitan Baru sebagai Penyangga Ibukota Nusantara.

Selain menjadi ajang pemilihan Ketua NU Kalsel periode 2023-2028 sebagai puncak perhelatan lima tahunan itu, Konferwil NU Kalsel akan membahas beberapa topik kekinian sebagai bagian dari agendanya. “Salah satunya adalah masalah dunia digital, sehingga membutuhkan kepastian hukum menurut fiqih,” kata Ketua Lembaga Bathsul Masail (LBH) PWNU Kalsel, Kiai Khairullah Zain, Kamis (08/06/2023). “Insyaallah dalam Konferwil yang mengundang para ulama se-Kalsel ini, LBM PWNU Kalsel memfasilitasi acara bahtsul masail membahas masalah fikih dunia digital,” ujar ulama muda dari Martapura ini.

Baca Juga:  PCI Muslimat NU Malaysia Gelar Khitanan Massal

Menurut Khairullah, seiring dengan kemajuan teknologi banyak hal baru yang belum dibahas hukumnya dalam kitab-kitab klasik. Padahal, setiap permasalahan memerlukan kepastian hukum fikih. “Karenanya kami dari lembaga bahtsul masail Kalsel akan mengajak para ulama untuk membahas beberapa masalah yang terjadi di era digital ini,” beber Mudir Jami’iyah Ahlit Thoriqoh Al Mu’tabaroh An Nahdliyyah (Jatman) Kabupaten Banjar ini.

Beberapa masalah yang akan dibahas tersebut antara lain tentang hukum dropship, jual beli emas dan perak secara online, transaksi materi digital seperti aplikasi, akad jual beli yang diwakili oleh aplikasi secara otomatis dan lainnya. “Bahtsul masail ini sangat berguna agar masyarakat kita sadar bahwa fikih senantiasa hadir di setiap lini dalam kehidupan kita,” ujar alumnus Ma’had Aly Darussalam ini. (Ful)

Terkini

Kiai Bertutur

E-Harian AULA