Search

Fatayat NU Brebes Selenggarakan Diklatsar Garfa

Majalahaula.id – Pimpinan Cabang (PC) Fatayat NU Kabupaten Brebes, Jawa Tengah menggelar Pendidikan dan Latihan Dasar atau Diklatsar Garfa (Garda Fatayat NU). Kegiatan dilaksanakan Sabtu hingga Ahad (3-4/06/2023) di Makodim 0713 Brebes.

Sejumlah materi dasar kemiliteran diberikan kepada 169 peserta yang berasal dari 17 Pimpinan Anak Cabang (PAC) Fatayat NU di Kabupaten Brebes.

Disampaikan Pasiops Kodim 0713 Brebes Kapten Armed Jupriadi, bahwa selain materi pendidikan baris berbaris, peserta juga menerima materi wawasan kebangsaan dan bela negara. Hal tersebut sebagai upaya menambahkan pemahaman tentang Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). “Pembinaan terhadap salah ormas sangat penting dalam menjaga keutuhan NKRI dari paham radikalisme serta gangguan lainnya yang dapat memecah belah persatuan dan kesatuan bangsa,” katanya, Ahad (04/06/2023).

Baca Juga:  Ratusan Santri dan Banser Kotawaringin Pawai Bendera Seratus Meter

Pihaknya juga berharap para kader Garfa menjadi penyejuk dan peredam isu Suku, Agama, Ras dan Antargolonganatau SARA dan menjadi pemersatu bangsa, serta memelihara kerukunan antarumat beragama.

Sementara Nur Wahidah selaku Ketua PC Fatayat NU Kabupaten Brebes menjelaskan bahwa selain materi baris berbaris dan wawasan kebangsaan dari TNI, para peserta juga dibekali materi lalu-lintas dari Polres Brebes. Berikutnya penanggulangan bencana alam dari BPBD, P3K dari PMI, beladiri dari Pagar Nusa IPSI Brebes, serta materi tambahan dari Banser. “Tujuan utama pelatihan ini adalah untuk membentuk pasukan pengamanan kegiatan Fatayat NU termasuk pengawalan ibu nyai, serta untuk membentengi diri dari paham radikalisme. Hal tersebut sesuai dengan tema kegiatan yaitu mencetak kader Garfa yang militan, humanis, loyal, dan cinta NKRI,” tegasnya.

Baca Juga:  Ansor Bulukumba Sulsel Selenggarakan Tasyakuran Kemerdekaan

Dirinya berharap ke depan akan terpelihara kader perempuan muda NU yang tangguh yang mempunyai sikap militansi dan sigap mengemban tugas organisasi. Juga mempunyai kepedulian sosial yang tinggi dan respons cepat terhadap berbagai problem sosial dan kemanusiaan yang terjadi di masyarakat. (Ful)

Terkini

Kiai Bertutur

E-Harian AULA